Masih Susah Bangun Shalat Tahajud? Coba Terapkan Tips Ini




Kamu masih malas dan susah bangun ketika shalat tahajud ya. Padahal sholat tahajud itu sangat penting dan sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Tapi karena kesibukan, ngantuk capek banyak dari umat yang merasa enggan dan malas untuk melaksanakannya. Padahal ganjaran yang diperoleh sebanding kok dengan pengorbanan kamu untuk bangun sholat tahajud. Selain itu sholat tahajud juga merupakan bukti rasa syukur kita kepada Allah SWT. Dan Faedahnya salah satunya adalah bisa membangkitkan semangat bekerja dan melakukan aktivitas keesokan harinya sob. Sebagaimana sabda Rosululloh SAW

Diriwayatkan Aisyah r.a, ia berkata :
“Nabi SAW mengerjakan sholat malam hingga bengkak kedua telapak kaki beliau,lalu aku katakan kepada beliau,’Mengapa engkau melakukan seperti ini, ya Rosulullah, padahal dosamu yang lalu maupun yang akan datang telah diampuni oleh Allah? ‘Beliau menjawab,’Apakah aku tidak boleh menjadi hamba Allah yang bersyukur?” (HR Bukhori VIII/449 dan Muslim 2819 dan 2820)

Dan hadits “Setan mengikat pada ujung kepala salah seorang diantara kalian jika tidur dengan tiga ikatan. Masing-masing ikatan mengatakan: “Engkau masih memiliki malam yang panjang, maka tidurlah!’ Jika ia bangun lantas menyebut nama Allah, maka terlepaslah satu ikatan. Jika ia berwudlu, maka lepaslah ikatan berikutnya. Dan jika ia mengerjakaan sholat, maka terlepaslah satu ikatan lagi, sehingga keesokan harinya ia menjadi giat, demikian juga jiwanya akaan menjadi baik. Jika tidak demikian, maka keesokan harinya ia menjadi kotor jiwanya lagi pemalas.” (HR. Muslim 1163).

Nah, mengingat itu, usahakan kamu harus melaksanakan shalat tahajud ya sob, dan buat membantu kamu supaya bisa bangun untuk sholat tahajud, kamu bisa membaca beberapa tips ini.

Usahakan Kamu Tidur Pada Pukul 10 Malam
Kenapa jam 10 Malam? Waktu tidur manusia itu beda-beda sob, tapi kebanyakan manusia biasanya tidur 5 sampai 6 jam. Nah, jika kamu rutin tidur jam 10 malam. Maka kemungkinan kamu akan bangun sekitar pukul 2 atau 3 malam. Nah, dengan begitu kamu bisa melaksanakan sholat tahajud di waktu itu.

Jangan Makan Berlebihan di Atas Pukul 8 Malam
Makan berlebihan diatas pukul 8 malam, akan membuat kamu malas untuk bangun tidur, apalagi dengan kondisi makanan yang belum sepenuhnya dicerna. Umumnya manusia membutuhkan waktu 4 jam untuk mencerna makanan. Jadi usahakan kamu makan malam 4 jam sebelum jam 10 atau setidaknya jangan terlalu mepet ke jam tidur kamu (jam 10 malam)

Buka Ventilasi Udara, Agar Kamar Menjadi Sejuk
Kalau kamu tidur dalam posisi kamar yang pengab dan panas, tentu saja akan membuat kamu sulit untuk tidur dan tidak nyaman. Sehingga usahakan kondisi ruangan yang dingin atau sejuk supaya kamu lebih rileks dan nyaman untuk tidur. Nantinya ketika kamu bangun kamu juga akan merasa segar karena cukup banyak oksigen yang masuk dalam ruangan kamu.

Siapkan Alarm, Karena Itu Akan Membantu Membangunkan Kamu
Percaya atau gak sob, sebenarnya dengan kamu niat bangun shalat tahajud itu aja, insyAllah kamu pasti bangun. Tapi supaya lebih aman, kamu juga lebih baik menyiapkan alarm yang akan membantu kamu membangunkan kamu. Sehingga kamu tidak akan terlewat untuk melaksanakan sholat tahajud itu.

Siapkan Semangkok Air Dingin dan Sapu Tangan Di samping Tempat Tidur
Air dingin dan Sapu tangan akan membantu kamu untuk membuka mata kamu yang biasanya masih lengket dan susah untuk bangun. Sehingga mata kamu akan menjadi lebih segar dan siap untuk melaksanakan sholat tahajud.

Kamu Bisa Tidur Siang, Untuk Menambah Waktu Tidur Kamu
Ternyata tidur siang itu penting lho buat kamu. Gak Cuma tidur malam aja. Dengan tidur siang juga, akan membantu kamu untuk terjaga sholat malam, dan waktu tidur kamu yang kamu gunakan di waktu malam dapat kamu ganti di waktu siang hari. Walaupun hanya sebentar tidur siang patut kamu coba.

Usahakan Untuk Minum Segelas Air Putih Sesudah dan Sebelum Tidur
Air putih sangat penting untuk melancarkan sistem metabolism tubuh, serta kandungan oksigen dalam air putih membuat tubuh lebih segar dan rileks ketika bangun. Bagi kamu yang masih merasa pusing ketika bangun, kamu bisa mencoba menghilangkan rasa pusing itu dengan meminum segelas air putih.

Biasakan Rutin Melaksanakan Shalat Tahajud Selama Sebulan atau Lebih, InsyaAllah setelahnya Kamu Tidak Akan Kesulitan Untuk Bangun Lagi
Dengan melaksanakan semua hal diatas selama sebulan atau lebih, kamu telah berusaha merubah jam biologis kamu dan membiasakan diri untuk melaksanakan shalat tahajud. Di awal pasti susah dan sangat malas. Tapi ketika kamu berhasil untuk melawan rasa malas itu, kamu akan terbiasa dan sudah tidak enggan lagi untuk melaksanakan sholat tahajud.

Sumber: musmus.me





Loading...
loading...
loading...