Manfaat Main di Taman untuk Kemampuan Otak Anak

by

Taman bisa jadi salah satu tempat bermain anak yang menyenangkan dan nyaman, termasuk buat kita orang tua yang mendampinginya ya, Bun.

Tahu nggak? Ketika main di taman, ada manfaat yang bisa dirasakan anak terkait sama kemampuannya memperhatikan suatu hal.

Ya, peneliti dari The Barcelona Institute for Global Health menemukan kalau anak-anak yang tinggal di daerah pinggiran kota lebih unggul dari anak-anak lain dalam tes memperhatikan sesuatu.

Kata salah satu peneliti, Jordi Sunyer, ini bisa jadi karena di daerah pinggiran kota masih banyak terdapat ruang hijau.

“Memang ini perlu penelitian lebih lanjut. Tapi, ruang terbuka hijau di kota-kota seperti kita tahu mempromosikan hubungan sosial dan aktivitas fisik serta paparan polusi yang lebih sedikit. Nah, hal ini punya pengaruh penting untuk otak anak,” kata Jordi, dikutip dari Essential Kids.

Studi ini memakai data 1.500 anak yang diamati saat lahir, umur 4-5 tahun, dan 7 tahun di antara tahun 2003 dan 2013.

Menggunakan citra satelit, peneliti juga memeriksa vegetasi di lingkungan anak-anak tersebut di jarak 100, 300, dan 500 meter dari rumah mereka.

Selain itu, anak-anak juga diminta mengerjakan soal terkait perhatian mereka secara online saat umur 4-5 tahun dan 7 tahun.

“Hasil studi ini menekankan pentingnya area hijau di kota-kota termasuk untuk bermain, bagi kesehatan dan perkembangan otak anak.

Ini cocok dengan studi sebelumnya terhadap 2.593 anak SD usia 7 sampai 10 tahun di Barcelona. Mereka yang tinggal di daerah yang lebih hijau punya perhatian dan memori yang lebih baik,” imbuh Jordi.

Main di luar ruangan kayak taman memang punya banyak manfaat untuk anak, Bun. Misalnya aja dengan terpapar sinar matahari, anak bisa mendapat vitamin D.

Nggak cuma itu, ketika main di taman anak juga berpeluang lebih besar melakukan aktivitas fisik bukan?

Dikutip dari ABC Australia, main di luar ruangan juga bermanfaat buat mata anak. Profesor Kathryn Rose dari University of Technology Sydney bilang saat anak menghabiskan waktu di luar ruangan yang sebenarnya terjadi adalah pelepasan dopamin retina yang berfungsi untuk mengatur pertumbuhan mata mereka.

Nah, hal ini bermanfaat untuk anak karena risiko mereka terkena miopia atau rabun jauh bisa menurun.

Sumber: haibunda.com

Loading...
loading...
loading...