Khasiat Kurma Ajwa yang Bisa Menangkal Sihir

by

Tahukah sahabat, bahwa ternyata buah kurma dapat menangkal sihir?

Ya, kurma yang dimaksud bukan sembarang kurma melainkan kurma ajwah atau yang biasa kita sebut dengan kurma nabi. Kurma ini memiliki warna lebih gelap dan memiliki tekstur yang lembut.

Menurut Islam, kurma ajwah ini dapat menangkal sihir sebagaimana terdapat dalam hadits dari Sa’ad bin Abi Waqqashradhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

من أكل سبع تمرات مما بين لابتيها حين يصبح، لم يضره سم حتى يمسي

“Siapa yang makan tujuh kurma dari daerah ini (Madinah) ketika pagi, maka tidak akan terkena bahaya racun, sampai sore harinya.” (HR. Muslim 2047).

Namun, tidak lantas ketika kita memakan ini langsung bisa terhindar dari gangguan sihir tersebut.

Waktu yang baik untuk mendapat manfaat tersebut yaitu makan di pagi hari sebanyak tujuh buah kurma ajwa. sebagaimana dijelaskan dalam hadist;

من اصطبح بسبع تمرات عجوة لم يضره ذلك اليوم سم ولا سحر

“Siapa yang sarapan dengan 7 kurma ajwah, maka racun dan sihir tidak akan membahayakannya di hari itu.” (HR. Bukhari 5779 dan Muslim 2047).

Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullaah menukilkan perkataan Imam Al-Khathabi tentang keistimewaan kurma Ajwah:

“Kurma Ajwah bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan do’a keberkahan dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap kurma Madinah bukan karena dzat kurma itu sendiri”

Hadits ini mempunyai banyak sekali kandungan faedahnya, sebagaimana yang dituturkan oleh Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullaah dalam kitabnya ‘Ath-Thibb An-Nabawi’:

“Al-Maf’uud adalah sakit yang menyerang bagian liver (hati)”.

Dan kurma memiliki khasiat yang menakjubkan untuk menyembuhkan penyakit ini (dengan izin Allah), terutama sekali kurma dari Madinah, khususnya jenis Ajwah. (Pembatasan pada) jumlah tujuh itu juga mengandung khasiat yang hanya diketahui rahasianya oleh Allah.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber: ummi-online.com

Loading...
loading...
loading...