Kasih Sayang Rasulullah Terhadap Binatang




Kasih sayang Rasulullah SAW bukan hanya untuk manusia. Kebaikannya, kecintaannya, dan kelembutannya membentang sampai kepada binatang. Ada banyak kejadian yang tercatat dalam hadits bagaimana beliau memberikan kasih sayang kepada binatang.

Pada suatu hari Rasulullah sedang berjalan dan melihat seekor unta yang sedang menangis. Rasulullah mendekati unta, lalu mengusap telinga unta itu dengan tangannya. Unta itu menjadi tenang dan berhenti menangis.

Rasulullah bertanya, “Siapa pemilik unta ini?”

Seorang pria muncul.

Rasulullah bersabda, “Unta ini mengeluh padaku karena kau tidak memberinya makan dengan benar. Berkasih sayanglah kepada ciptaan Allah”

Berkasih sayanglah kepada binatang-binatang dimana Allah SWT telah memberikan kita kuasa atas mereka. Misalnya, kita punya kerbau dan mempekerjakannya untuk membajak sawah. Maka kita harus memberikan kasih sayang kepadanya dan memberinya makan sesuai dengan jatah mereka setelah bekerja.

Ataupun misalnya punya kuda untuk dipekerjakan menarik penumpang alias ‘delman’. Jangan membebani mereka melebihi yang bisa mereka bawa, karena jika itu terjadi, itu adalah kedzaliman.

Wallahu a’lam bish-shawab.





Loading...