Kadang Kita Kalah Bukan Karena Orang Lain Terlalu Hebat, Tapi Karena Kita Terlalu Rendah Diri




Kepercayaan diri berarti keyakinan seseorang terhadap kemampuan dirinya sendiri. Di dalam kepercayaan diri juga terdapat penerimaan akan diri sendiri sebagaimana adanya.

Sebaliknya, rendah diri merupakan ketidakmampuan seseorang dalam menerima dirinya sendiri. Akibatnya ia selalu kalah sebelum berjuang dan sulit menerima keadaan dirinya sendiri.

Apakah di sekitar Anda ada orang yang rendah diri? Atau Anda sendiri bahkan mengalaminya? Dilansir dari lifehack.com berikut ciri-ciri yang menandakan seseorang rendah diri:

1. Sibuk Mengecek Ponsel Saat Tidak Ada Teman di Dalam Situasi Sosial
Orang yang rendah diri merasa tidak nyaman dalam sebuah situasi sosial ketika tidak ada teman dekat atau orang yang dikenalnya di situ.

Akibatnya ia akan sibuk mengecek/bermain ponsel untuk menghilangkan kegugupannya.

2. Memilih Mundur Saat Beradu Argumentasi
Orang rendah diri berpikir untuk cari aman dari pada harus menghadapi konflik.

Karena itu ia akan membiarkan dirinya kalah dalam adu argumentasi, asalkan tidak timbul konflik. Akibatnya gagasannya dan kualitas dirinya tidak pernah kelihatan.

3. Tak Berani Keluar Rumah Tanpa Make Up
Perempuan yang rendah diri biasanya berupaya meningkatkan kepercayaan dirinya melalui make up. Ia merasa cantik hanya jika menggunaan make up.

4. Baper Terhadap Kritikan Orang Lain
Jangan heran kalau orang rendah diri akan murung bahkan menangis saat menerima kritik. Bahkan kritik yang membangun sekalipun.

Ia menanggapi kritikan tidak dengan objektif, namun secara emosional.

5. Takut Memberikan Pendapat Sendiri Dalam Perbincangan
Orang yang rendah diri mereka-reka tanggapan orang lain sebelum berbicara. Akibatnya ia kebanyakan berpikir ketimbang menyampaikan pendapatnya sendiri.

6. Selalu Ragu Mengambil Keputusan
Bahkan untuk keputusan sederhana, ia selalu berubah pikiran. Orang rendah diri sering mengalami dilema. Bahkan dilema untuk hal kecil seperti makan siang dengan menu apa dan di mana.

7. Sulit Menerima Pujian yang Tulus
Orang tulus memujinya, namun ia sendiri sulit mempercayai pujian itu.

8. Terlalu Cepat Menyerah
Untuk meraih tujuan dan mimpinya sendiri, orang rendah diri cepat putus asa. Ia merasa tidak yakin bahwa dirinya bisa sukses.

9. Membandingkan Diri Dengan Orang Lain
Ketimbang meningkatkan kualitas dirinya sendiri, ia lebih banyak melihat kesuksesan orang lain. Sehingga ia cenderung membandingkan hidupnya dengan hidup orang lain.

10. Menunduk
Orang yang rendah diri biasanya menunduk, saat berjalan, bekerja, makan, dan dalam aktivitas lainnya. Hal ini menunjukkan ia tidak begitu bangga akan dirinya sendiri.

Semoga setelah membaca artikel diatas kita lebih termotivasi lagi untuk berbuat lebih baik untuk kehidupan pribadi dan orang banyak.

Amin ya robbal alamin




Loading...
loading...
loading...