Jika 4 Sifat Ini Ada Pada Diri Anda, Maka Neraka Jahanamlah Tempatnya




Jahannam adalah neraka tempat penyiksaan yang memiliki 7 pintu dan setiap pintu (tingkat), telah ditetapkan untuk golongan tertentu dari para makhluk-Nya. Gerbang jahanam dipimpin oleh Malaikat Malik dan memiliki Malaikat Penyiksa yang berjumlah sebanyak 19 malaikat yang disebut Zabaniyah.

Neraka jahanam itu adalah hitam gelap dan pekat, tidak ada cahaya dan tidak pula neraka itu menyala/terang. Api neraka Jahananm itu melebihi sebanyak enam puluh sembilan kali lipat panasnya api dunia.

Neraka Jahanam di jaga ketat dan memiliki malaikat penyiksa yang sangat patuh terhadap Allah, sosok mereka berdiri sangat tegap, berperawakan besar serta ekspresi wajahnya sangat seram, memiliki suara yang amat garang dan memiliki temperamen yang kasar, sadis dan keras.

Penghuni Neraka Jahannam
Allah Subhanahuwata’ala berfirman dalam Al-Quran:

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ فِي الدَّرْكِ الْأَسْفَلِ مِنَ النَّارِ وَلَن تَجِدَ لَهُمْ نَصِيرًا

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka.” [QS. An-Nisa 145]

Sesungguhnya orang-orang munafik itu pada tempat atau tingkat yang paling bawah dari neraka yakni bagian kerak atau dasarnya. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapatkan seorang penolong pun bagi mereka yakni yang akan membebaskannya dari siksa.

Ciri-ciri Orang Munafik
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Di antara tanda munafik ada tiga: jika berbicara, dusta; jika berjanji, tidak menepati; jika diberi amanat, ia khianat.” [HR. Muslim]

Dalam riwayat lain disebutkan,

Ada empat tanda, jika seseorang memiliki empat tanda ini, maka ia disebut munafik tulen. Jika ia memiliki salah satu tandanya, maka dalam dirinya ada tanda kemunafikan sampai ia meninggalkan perilaku tersebut, yaitu: (1) jika diberi amanat, khianat; (2) jika berbicara, dusta; (3) jika membuat perjanjian, tidak dipenuhi; (4) jika berselisih, dia akan berbuat zalim.” [HR. Muslim]

Jika kita perinci dari hadits diatas maka ciri-ciri orang munafik sebagai berikut:

  1. Jika diberi amanat, Khianat
  2. Jika berbicara, dusta
  3. Jika membuat perjanjian, tidak dipenuhi
  4. Jika berselisih, dia akan berbuat zalim

Susah mendeteksi orang-orang seperti ini karena mereka bertindak dan berkata tidak sesuai dengan apa yang ada di dalam hatinya. Kita rentan sekali terhadap hal ini.
Mari kita sama-sama koreksi diri, pernahkah kita berdusta bila berkata?

Apakah kita dapat dipercaya untuk diberikan amanat dan apakah kita sudah menepati segala janji?

Jangan-jangan dengan melakukan perbuatan-perbuatan tersebut kita sedang mendaftar untuk jadi penghuni tetap neraka. Astagfirullah, semoga kita dijauhkan dari sifat munafik yang mudah sekali menyerang hati tersebut.

Sumber: aritunsa.com





Loading...