Janji Allah SWT Memperlihatkan Diri-Nya di Surga Kepada Manusia




Ada satu hadist yang mengatakan, “Orang terakhir yang memasuki surga, dia melihat sebuah cahaya di atasnya, dan ia berpikir itulah Allah. Tapi sebenarnya itu istrinya.” Itu karena betapa indahnya istri-istri kelak di surga.

Kemudian seseorang berseru untuk berkumpul ke sebuah tempat. Kita semua berkumpul dan duduk dalam tempat yang berbeda-beda. Sebagian orang di kelas pertama, kelas kedua dan lainnya.

Bahkan dalam hadist dikatakan bahwa kita melihat orang-orang yang lebih tinggi derajatnya, bagaikan kita melihat bintang di langit, karena amal baik mereka.

Setiap orang duduk disana, dan tidak ada penghalang di antara kita. Tiba-tiba kita akan mendengar sebuah suara. Dan suara itu berfirman,

“Hamba-hamba Ku (atau para penyembah-Ku). Apakah kalian puas?”

Dan kita berkata, “Wahai Tuhan kami, kami puas.”

Kemudian Allah berfirman, “Ketahuilah! Keridhoan-Ku bersama kalian selamanya, dan Aku tidak akan pernah membenci kalian. Apa ada hal lain yang kalian inginkan?”

Dan kita akan berkata, “Wahai Tuhan kami, bagaimana mungkin ada hal lain lagi, sedangkan Eangkau telah menyelamatkan kami dari neraka dan memasukkan kami ke Jannah?”

Lalu Allah swt berfirman, “Ada satu lagi janji yang belum Kupenuhi. Aku belum memenuhinya. Dan sekaranglah waktunya.”

Jadi, kita duduk bersama pasangan kita dan semua penduduk Jannah di satu tempat. Kemudian Allah swt akan menyingkap tabirnya. Dan kita akan melihat Allah. Allah berfirman dalam Al-Qur’an 75:22-23:

وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ نَّاضِرَةٌ () إِلَىٰ رَبِّهَا نَاظِرَةٌ

“Wajah-wajah (orang-orang mu’min) pada hari itu berseri-seri. Kepada Tuhannyalah mereka melihat.” (QS. Al-Qiyamah : 22-23)

Ibn Qayyim berkata dalam sajak indahnya:

“Mereka melihat Tuhan mereka, dan tiba-tiba, tidak ada lagi keindahan yang lebih baik dari yang pernah mereka pandang setelah mereka memandang keindahan jannah dan melihat Allah swt.”

Ketika kita melihat Allah swt, kita akan melupakan semua keindahan yang pernah kita lihat sampai momen itu. Dan apa yang bisa menggambarkan keindahan Allah swt? Tidak Ada.

Memandang Allah adalah sebuah hadiah dan kesenangan tersendiri. Jannah adalah tentang melihat Allah dan berbicara kepada Allah swt pada akhirnya.

Sumber: kenapamuslim.com





Loading...
loading...
loading...