Inilah Orang Pertama yang Masuk Surga Diantara Umat Nabi Muhammad




Allah SWT menciptakan surga bagi setiap manusia yang beriman dan orang pertama yang masuk surga di antara umat Nabi Muhammad merupakan orang yang sangat beruntung. Keindahan dan kenikmatan surga telah banyak digambarkan dalam Al-Quran dan Hadits sehingga setiap manusia ingin memasukinya.

Allah SWT telah menciptakan surga dan neraka sebagai balasan atas semua amal perbuatan yang telah dilakukan manusia selama hidup di dunia. Surga diciptakan sebagai tempat untuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Sedangkan neraka merupakan tempat untuk manusia yang tidak beriman kepada Allah SWT dan selalu berbuat maksiat selama di dunia. Gambaran tentang kenikmatan surga dan kepedihan neraka banyak dijelaskan dalam Al-Quran dan Hadits sehingga setiap manusia dapat membayangkannya.

Surga merupakan tempat impian bagi setiap muslim bahkan bagi setiap manusia, tetapi sayangnya hanya sebagian manusia saja yang bersungguh-sungguh ingin mendapatkan surga dengan memperbaiki keimanan, ketaqwaan kepada Allah SWT dan akhlaknya selama di dunia.

Karena setan dan hawa nafsu akan selalu menjadi rintangan untuk mencapai surga yang sesungguhnya, selain itu orang masuk surga karena rahmat Allah SWT.

Siapakah manusia yang pertama masuk surga? Berdasarkan hadits riwayat Muslim dijelaskan bahwa manusia pertama yang akan mengetuk pintu surga adalah Nabi Muhammad SAW dan beliau juga merupakan manusia pertama yang akan masuk dan menikmati keindahan surga yang telah Allah SWT siapkan.

Pintu surga tidak akan terbuka sebelum Rosulullah mengetuknya sehingga dapat dikatakan bahwa umat yang pertama kali masuk surga adalah umat Rosulullah SAW meskipun mereka merupakan umat yang terakhir dalam sejarah Islam.

Nabi Muhammad merupakan manusia pertama yang masuk surga, lalu siapakah diantara umat Rosulullah yang pertama kali masuk surga setelah Nabi?

Berdasarkan hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dijelaskan bahwa manusia pertama yang masuk surga dari kalangan umat Rosulullah adalah Abu Bakar Ash Shiddiq dan beliau merupakan orang yang dijamin masuk surga.

Abu Bakar merupakan sahabat Rosulullah yang senantiasa menemani Rosul dalam setiap dakwahnya mulai dari Makkah hingga ke Madinah, bahkan Abu Bakar rela mengorbankan seluruh harta bendanya untuk memperjuangkan Islam melalui dakwah.

Selain itu Abu Bakar telah mendapat gelar Ash Shiddiq karena selalu membenarkan Rosulullah dalam setiap tindakan sehingga sudah sepantasnya bahwa Abu bakar menjadi orang pertama yang masuk surga setelah Rosulullah.

Abu Bakar bukan hanya sebagai sahabat Nabi saja tetapi juga merupakan mertua Rosulullah dan bahkan beliaulah yang selalu menggantikan Rosulullah menjadi imam ketika beliau sedang sakit.

Setelah Rosulullah wafat, Abu bakar diangkat menjadi khalifah pertama yang menggantikan perjuangan Rosulullah untuk menegakkan ajaran Islam.

Apakah umat nabi muhammad akan masuk surga? Dalam Al-Quran yaitu QS. Al-Waqiah ayat 10 telah dijelaskan bahwa orang yang terdahulu beriman kepada Allah SWT merupakan orang-orang yang terdahulu beriman dari setiap umat.

Jadi dapat dikatakan bahwa orang yang terdahulu beriman kepada Allah SWT merupakan orang-orang yang terbaik keimanannya dari setiap umat.

Sehingga jika berdasarkan hadits Nabi bahwa orang yang pertama masuk surga setelah Rosulullah adalah Abu Bakar maka hal ini tidak bertentangan dengan isi QS. Al-Waqiah tersebut karena Abu Bakar merupakan orang yang terbaik keimanannya dari umat Rosulullah SAW.

Selain itu umat Rosulullah yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT telah disiapkan surga untuknya.

Sungguh beruntung bagi manusia yang dapat mencium wanginya surga bahkan dapat masuk ke dalamnya, semoga kita merupakan salah satu dari penghuni surga. Demikian informasi seputar orang pertama yang masuk surga di antara umat Nabi Muhammad dan ternyata adalah Abu Bakar Ash Shiddiq.

Sumber: kumpulanmisteri.com





Loading...
loading...
loading...