Inilah Amalan Agar Dikaruniai Anak Laki-laki, Insya Allah Dikabulkan




Secara naluriah setiap manusia pasti menginginkan seorang buah hati yang akan menghibur dan menenangkan jiwanya. Sebab jiwa akan  tertuang dalam komunikasi bersama orang yang dekat dengan kita.

Dalam kehidupan, anak merupakan orang yang begitu dekat dengan jiwa sehingga ketenangan akan lahir ketika bersamanya.

Keberadaan anak memang sangat luar biasa nilainya bagi setiap orang tua, dengan anak orang tua dapat meraih kecintaan Allah.

Dengan anak orang tua berpeluang mendapatkan pahala besar disebabkan kerja keras seperti menafkahi, merawat dan mendidiknya, dan yang terpenting adalah sebagai generasi penerus perjuangan mereka.

Dan pada umumnya para orang tua menginginkan anak yang akan menjadi penerusnya adalah seorang laki-laki. Entah kenapa.

Mungkin karena para orang tua beranggapan anak-laki-laki lebih dapat diandalkan atau karena alasan lain. Padahal belum tentu demikian, bisa jadi anak perempuanlah yang nantinya akan lebih membawa kebahagiaan kepada orang tua. Karena yang demikian yang terjadi pada istri Imran (ibu Siti Maryam).

Laki-laki atau perempuan yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita itu hak progratif Allah SWTsebagaimana firman-Nya:

لِلَّهِ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ يَهَبُ لِمَنْ يَشَاءُ إِنَاثاً وَيَهَبُ لِمَن يَشَاءُ الذُّكُورَ ﴿٤٩﴾ أَوْ يُزَوِّجُهُمْ ذُكْرَاناً وَإِنَاثاً وَيَجْعَلُ مَن يَشَاءُ عَقِيماً إِنَّهُ عَلِيمٌ قَدِيرٌ

Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi, Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki, Dia memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak-anak lelaki kepada siapa yang Dia kehendaki, atau Dia menganugerahkan kedua jenis laki-laki dan perempuan (kepada siapa yang dikehendaki-Nya), dan Dia menjadikan mandul siapa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.”

Maka jika kita memang menginginkan anak laki-laki disebabkan karena sudah memiliki anak perempuan atau karena alasan lain misalnya, maka kita hanya bisa berikhtiyar dan berdoa.

Adapun doa dalam rangka ikhtiyar tersebut diantaranya adalah apa yang diajarkan oleh Syaikh Sulaiman bin Muhammad bin Umar Al-Bujairim dalam kitabnya. Beliau mengatakan:

 

فَائِدَةٌ : رَأَيْت بِخَطِّ الْأَزْرَقِ { عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ مَنْ أَرَادَ أَنْ تَلِدَ امْرَأَتُهُ ذَكَرًا فَإِنَّهُ يَضَعُ يَدَهُ عَلَى بَطْنِهَا فِي أَوَّلِ الْحَمْلِ وَيَقُولُ : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللَّهُمَّ إنِّي أُسَمِّي مَا فِي بَطْنِهَا مُحَمَّدًا فَاجْعَلْهُ لِي ذَكَرًا فَإِنَّهُ يُولَدُ ذَكَرًا إنْ شَاءَ اللَّهُ تَعَالَى } مُجَرَّبٌ ا هـ .

Dalam sebuah faidah, menyatakan: “Saya melihat tulisan Syaikh al-Azraqi yang diriwayatkan dari Rasulullah Saw., di sana tertulis bahwa jika seseorang yang menghendaki isterinya melahirkan anak laki-laki maka hendaknya ia meletakkan tangannya pada perut isterinya di awal kehamilannya sembari membaca doa:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ اَللهُمَّ إِنِّي أُسَمِّيْ مَا فِيْ بَطْنِهَا مُحَمَّدًا فَاجْعَلْهُ لِيْ ذَكَرًا

Maka kelak anak yang dilahirkan akan berjenis kelamin laki-laki. Insya Allah mujarab. (Tuhfatul Habib Juz I hal 520/Hayisyah Al-Bujairimi Juz III hal 245 )

Demikianlah salah satu doa yang diajarkan untuk mendapatkan anak laki-laki. Namun sekali lagi, bahwa penentuan jenis kelamin itu adalah ketentuan Allah SWT. Laki-laki atau perempuan hendaknya wajib kita menyuskuri.

Wallahu Ta’ala A’lam

Sumber: ngajionline.net





Loading...
loading...
loading...