Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Anak

by

Sudah tahu dong kalau temulawak bermanfaat untuk menambah nafsu makan anak.

Tapi tahukah bahwa temulawak punya beberapa manfaat lainnya untuk kesehatan anak termasuk untuk mengusir nyamuk.

Penasaran apa saja manfaat lain temulawak untuk anak? Berikut beberapa diantaranya:

1. Bermanfaat Untuk Lambung
Temulawak sangat bermanfaat untuk lambung lho. Rimpang temulawak dapat digunakan sebagai obat antioksidan, aktifitas tersebut disebabkan karena adanya senyawa flavonoid, fenol serta kurkumin.

Antioksidan intraselular, seperti glutation melindungi mukosa lambung dari stres oksidatif dari fagositosis.

Ketika sistem pertahanan antioksidan tidak mencukupi, radikal bebas menyebabkan kerusakan membran sel, kerusakan oksidatif dan kematian sel juga terjadi terus-menerus.

2. Mencegah infeksi Bakteri dan Virus
Penelitian di laboratorium dan pada hewan menunjukkan bahwa curcumin dapat membunuh bakteri dan virus.

Namun, para peneliti belum dapat membuktikan efek yang sama dapat ditemukan pada manusia.

Pada masa pertumbuhan anak, proses infeksi bakteri dan virus berpotensi mengganggu kelancaran dan optimalisasi pertumbuhan anak.

Dengan curcumin yang membantu menekan angka risiko infeksi, maka curcumin dapat membantu kelancaran proses pertumbuhan dan perkembangan anak.

3. Dispepsia
Curcumin menstimulasi kandung empedu untuk lebih produktif. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi turmeric dapat mengatasi gejala kembung.

Pada kesehatan anak, dapat membantu melancarkan proses pencernaan.

4. Pengusir Nyamuk yang Ampuh
Nyamuk, hingga saat ini masih menjadi momok yang cukup menakutkan, sebab banyak penykit yang dapat ditimbulkan hanya dengan satu gigitan kecil dari binatang kecil tersebut, contohnya demam berdarah dan juga malaria.

Kandungan minyak atsiri dalam temulawak memiliki kandungan linelool yang fermasuk ke dalam golongan fenil alkohol atau sering disebut fenol yang memiliki fungsi sebagai pengusir nyamuk, karena mempunyai daya repellent terutama pada jenis Aedes aegepti.

5. Mendukung Tumbuh Kembang Anak
Kandungan antioksidan dalam senyawa curcumin mampu meregenerasi sel dengan cepat sehingga terhindar kerusakan yang dapat membuat tubuh melemah.

Hal tersebut sangatlah penting demi pertumbuhan serta perkembangan anak dimasa depan dan meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Wahh, ternyata ada banyak manfaat yang bisa didapat dari temulawak. Nah, jika anak tidak suka dengan rasa temulawak, bisa dicampurkan demgan madu atau makanan lainnya.

Sumber: ummi-online.com

Loading...
loading...
loading...