Ini Hukumnya Main HP Saat Khutbah Jum’at Berlangsung

by

Beberapa jam lagi umat Muslim akan melaksanakan kewajibannya, yakni ibadah salat Jumat. Rangakain ibadah itu didahului dengan dua khutbah yang dilakukan oleh imam.

Nah, saat khotib atau penceramah sedang menyampaikan materi atau khutbah, seringkali kita melihat banyak di antara jamaah yang memilih menyibukkan diri dengan memainkan smartphone. Bisa ditebak, mereka memainkan SMS, Facebook, atau Twitter.

Pertanyaannya:
Bolehkan kita memainkan SMS, Facebook, atau Twitter, saat khotib berkhutbah?

Dalam laman buletin.muslim.or.od, dijelaskan, memainkan smarphone saat khutbah berlangsung tidaklah dibolehkan.

Aktivuitas itu dapat menyibukkan diri dan mengganggu konsentrasi saat mendengar khutbah. Hal ini berdasarkan sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam,

“Barangsiapa menyentuh/memegang kerikil maka dia telah melakukan perbuatan yang sia-sia.” (HR. Ibnu Majah, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani).

Bahkan menjawab “alhamdulillah” saat ada di antara jamaah yang bersin pun tidak diperkenankan.

Dalam laman buletin.muslim.or.od, dijelaskan, jika khatib sedang berkhutbah, maka makmum tidak diperkenankan menjawab perkataan, termasu

ucapan “alhamdulillah” bagi orang yang bersin. Demikian pula, tidak boleh menjawab salam, menurut pendapat yang paling kuat.

Lantaran hal tersebut termasuk pembicaraan yang telah dilarang oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika khatib sedang berkhutbah, sebagaimana keumuman sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Jika pada hari Jumat engkau berkata kepada kawanmu ‘Diamlah’, sedangkan imam sedang berkhutbah, maka sungguh engkau berbuat sia-sia.” (HR. al-Bukhari: 892 dan HR. Muslim: 851).

Semoga hari ini, kaum muslimin bisa menjalani rangkain ibdah salat Jumat dengan penuh khusuan dan mendapatkan pahala yang baik. Selamat menjalankan ibadah salat Jumat.

Sumber: tribunnews.com

Loading...
loading...
loading...