Ini Dia 15 Pondok Pesantren Terbaik dan Terfavorit di Jawa Timur yang Terkenal Hingga Mancanegara




Setiap orang tua muslim pasti sangat ingin mempunyai anak keturunan yang shaleh dan shalehah. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya tidak bisa jika hanya menyekolahkan anak di sekolah umum. Syarat pertama yang harus dilakukan oleh para orang tua agar impian memiliki anak yang shaleh dan shalehah terwujud adalah dengan memasukkan anaknya ke pondok – pondok pesantren yang favorit dan terbaik di daerah tempat mereka tinggal.

Karena di pesantren akan diajarkan dengan lengkap tentang berbagai ilmu yang ada dalam syariat Islam dan diantara ilmu – ilmu tersebut adalah ilmu tentang shalat yang mana merupakan kewajiban yang paling utama dalam syariat Islam yang harus selalu ditegakkan dengan benar dan tepat.

Bagi Anda yang bertempat tinggal di daerah Jawa Timur, berikut ini kami rekomendasikan untuk Anda 15 pondok pesantren terbaik yang ada di wilayah Jawa Timur.

PONDOK PESANTREN BATA-BATA – PAMEKASAN

Pondok ini didirikan pada tahun 1943 M oleh RKH. Abdul Majid bin Abdul Hamid bin RKH. Itsbat. Pesantren ini juga merupakan pesantren terbaik dan favorit yang ada di pulau Madura atau lebih tepatnya di Kabupaten Pamekasan.

PONDOK PESANTREN AL AMIEN PRENDUAN – SUMENEP

Pondok pesantren ini merupakan salah satu pondok terbaik yang ada di pulau Madura. Pondok ini berdiri pada tahun 1952. Pondok pesantren Al Amien ini juga dilengkapi dengan kampus yang bernama IDIA. Kampus tersebut juga diperuntukkan bagi santri yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Selain itu, untuk menunjang perekonomian pesantren, Al Amien juga membuka berbagai macam bidang usaha seperti minimarket, peternakan, budidaya dan lain – lain.

PONDOK PESANTREN AN NUQAYAH GULUK GULUK – SUMENEP

Pondok pesantren ini merupakan pesantren tertua yang ada di pulau Madura yang mana pondok ini mulai berdiri pada tahun 1887. Jika dibandingkan dengan pondok pesantren lain yang ada di Madura, An Nuqayah juga merupakan pesantren yang paling besar dan luas karena lahan yang ditempati untuk membangunnya merupakan bukit – bukit yang cukup luas. Jadi tidak salah jika pesantren ini termasuk ke dalam kategori pesantren favorit di Jawa Timur.

PONDOK PESANTREN SIDOGIRI – PASURUAN

Pondok ini berdiri pada tahun 1718 atau 1745 dan didirikan oleh Sayyid Sulaiman. Beliau adalah putra pertama dari pasangan Sayyid Abdurrahman bin Umar BA Syaiban dan Syarifah Khadijah (cucu dari Sunan Gunung Jati). Meskipun masih menggunakan sistem pendidikan salaf dan tidak mendirikan sekolah formal, para lulusan dari pesantren ini bisa dibilang sangat mumpuni.

PONDOK PESANTREN SALAFIYAH SYAFI’IYAH – SITUBONDO

Pondok pesantren ini berdiri pada tahun 1328 H atau bertepatan pada tahun 1908 M. Dengan visi memiliki pendidikan terbaik sesuai yang dibutuhkan zaman, pesantren ini pun menjadi salah satu pesantren favorit yang dituju oleh para orang tua untuk mendaftarkan anaknya untuk menjadi santri disana.

PONDOK PESANTREN DARUSSALAM GONTOR – PONOROGO

Pondok ini bisa dibilang pondok terbesar dan tersukses yang ada di Jawa Timur. Hal itu dikarenakan banyaknya alumni dari pondok ini yang meraih kesuksesan setelah diterjunkan ke dalam masyarakat. Selain itu, sistem pendidikannya juga sangat bagus dan ditiru oleh beberapa pondok pesantren yang lain. Pesantren ini berdiri pada tanggal 20 September 1926 atau tepat pada tanggal kelahiran Rasulullah SAW yaitu tanggal 12 Rabi’ul Awwal 1345 H.

PONDOK PESANTREN LANGITAN – TUBAN

Pesantren ini dibangun pada tahun 1852 M di Dusun Mandungan Desa Widang Kecamatan Widang Kabupaten Tuban. Pesantren ini memiliki dua sistem pendidikan, yaitu sistem klasik (madrasah) dan non klasik (ma’had).

PONDOK PESANTREN DARUL ULUM – JOMBANG

Nama pondok ini mempunyai arti yang sangat bagus, yaitu gudangnya ilmu-ilmu. Pondok ini didirikan diantara tahun 1885 – 1937 M.

PONDOK PESANTREN LIRBOYO – KEDIRI

Pesantren ini dibangun pada tahun 1910 M. Visi yang dimiliki oleh pondok ini sangat bagus yaitu untuk mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas rohaninya, smart intelektualnya, mapan dalam berbagai bidang kehidupan dan juga dalam berbagai pemahaman islam yang otentik.

PONDOK PESANTREN ILMU AL QURAN – MALANG

Pondok pesantren yang satu ini adalah pondok pesantren yang semi salaf. Pesantren ini didirikan pada tanggal 1 Mei 1978 oleh KH. Bashori Alwi. Pesantren ini memfokuskan dan memprioritaskan Al Quran sebagai ilmu yang dipelajari oleh para santri disana.

PONDOK PESANTREN MAMBA’US SHALIHIN SUCI – GRESIK

Pondok pesantren ini didirikan pada tahun 1969 oleh KH. Abdullah Faqih Suci yang mana pada mulanya hanya berupa surau kecil yang dipakai untuk mengaji Al Quran dan kitab kuning. Pesantren ini menggunakan perpaduan sistem salaf-modern. Hal itu dikarenakan sang pengasuh pesantren, KH. Masbuhin Faqih merupakan alumni pesantren Gontor dan Langitan.

PONDOK PESANTREN NURUL JADID – PROBOLINGGO

Pondok ini dibangun pada tahun 1950 oleh KH. Zaini Mun’im. Misi dari pondok Nurul Jadid ini adalah untuk membantu terbentuknya sosok manusia yang beriman, bertakwa, mempunyai akhlak yang mulia, mempunyai wawasan yang luas, visioner, cakap, terampil, kreatif, mandiri, dan berguna bagi agama, bangsa dan negara.

PONDOK PESANTREN AS SALAFI AL FITRAH – SURABAYA

Pondok pesantren Al Fitrah ini didirikan pada tahun 1985. Pondok pesantren ini lebih mengutamakan terbentuknya akhlak yang mulia terlebih dahulu sebelum menambah wawasan ilmu.

PONDOK PESANTREN TEBU IRENG – JOMBANG

Pondok pesantren ini merupakan salah satu pondok pesantren di Jombang yang termasuk ke dalam kategori banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Pondok ini didirikan pada tahun 1899 oleh salah satu ulama besar yaitu KH. Hasyim Asy’arie.

PONDOK PESANTREN AL FATAH TEMBORO – MAGETAN

Pondok pesantren ini didirikan pada tanggal 1 Mei 1938 oleh KH. Sarbun Sidik atau yang biasa dikenal dengan mbah Sidik. Pesantren ini lebih memprioritaskan melatih para santrinya agar bisa berdakwah dengan baik dalam masyarakat.

Itulah 15 pondok pesantren terbaik yang ada di Jawa Timur yang kami rekomendasikan kepada Anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: hafidz30.com