Ini 10 Perbuatan Penyebab Kesulitan Hidup Kita




Kehidupan selalu silih berganti, seperti kondisi alam. Ada malam, ada siang, ada terik dan ada hujan. Begitu pula manusia harus menghadapi kesulitan atau kemudahan dalam kehidupan. Semuanya adalah realita hidup yang silih berganti menerpa seorang hamba. Allah sudah menunjukkan hal tersebut sebagai takdirNya dalam Lauhul Mahfuzh.

“Kami akan menguji kalian dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan hanya kepada Kami-lah, kelian akan dikembalikan.” (Al-Anbiya’ : 35).

Apakah manusia selalu mendapatkan kesulitan dalam hidupnya? Jawabannya bisa ya, bisa juga tidak. Hal ini tergantung pada amal perbuatannya yang ternyata memang berakibat tidak positif bagi diri sendiri. Ada 10 perbuatan yang sebabkan kesulitan hidup, diantaranya adalah:

1. Malas
Salah satu yang menyebabkan seseorang menjadi sulit dalam hidupnya adalah malas. Orang yang malas akan berat melakukan hal-hal yang positif dan bermanfaat. Malas berasal dari dorongan hawa nafsu dan lemahnya jiwa.

Kesempatan dan kekuatan yang seharusnya digunakan untuk hal yang bermanfaat malah di sia-siakan. Malas belajar, malas mencari kesempatan, malas bekerja dengan keras, berfoya-foya, tidak pernah menabung.

Kekuatan dan kesehatan yang bisa untuk beribadah lebih tekun, malah tidak melakukannya.  Memang tidak ada kamus untuk orang malas akan sukses hidupnya Rasulullah bahkan selalau berdoa memohon terhindar dari kemalasan, bahkan sebaliknya orang malas akan sebabkan hidupnya menjadi sulit.

“Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari kelemahan dan rasa malas” (HR. Bukhari).

2. Perbuatan Maksiat
Jauhi perbuatan maksiat, karena orang yang sudka berbuat maksiat, baik pada Allah dan Rasul, juga pada manusia lainnya akan menjadikan kehidupannya menjadi sulit.

Karena sesuangguhnya perbuatan yang menuju maksiat tidak pernah membuat yang bersangkutan menjadi tenang. Pada dasarnya orang menyadari jika melakukan perbuatan maksiat itu adalah dosa dan dilarang. Saat terus menerus melakukannya, maka sesungguhnya akan membuat kerugian pada diri sendiri.

“Dan siapa yang mengerjakan satu dosa, maka sesungguhnya dia mengerjakan satu dosa itu untuk (kerugian) dirinya sendiri.” (An-Nisaa : 111).

3. Suka Khianat
Bukan hal mudah jika seseorang diberi amanat, karena didalamnya ada tanggungjawab yang besar. Amanat dalam bidang apa saja, pada pekerjaan, amanat berupa anak, berupa janji dan lain sebagainya.

Sebagai seorang pemimpin, sebenarnya bukan hal yang mudah untuk menjalankan amanat, karena jika tidak hati-hati akan mudah berknianat hingga bisa mengancurkan suatu negeri. Khianat yang sering dilakukan adalah tidak bisa memegang janji, atau amanah. Orang yang sering melakukan hal ini termasuk dari 10 Perbuatan yang Sebabkan Kesulitan Hidup.

Rasulullah saw bersabda,” Beginilah ahli neraka, beliau menyebutkan seeorang yang tidak diragukan sifat tamaknya dan jika ia diamanati maka pasti akan khianat.

3. Iri Dengki
Seseorang jika dalam hatinya masih saja memendam iri dan dengki dalam bidang tidak positif dengan orang lain, apalagi sudah tahap ingin kenikmatan orang lain itu hilang, maka ha l itu adalah dosa dan merupakan penyakit hati yang wajib diberantas. Mengapa demikian, karena jika dalam hatinya ada penyakit maka ia akan sulit menerima kebenaran dan akan mati dalam keadaan kafir.

“Orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, disamping kekafirannya yang telah ada dan mereka mati dalam keadaan kafir.” [At Taubah 125].

4. Sombong
Seseorang yang angkuh, adalah seseorang yang sebenarnya menggali kuburannya sendiri. Mengapa demikian? Karena Allah benar-benar tidak menyukai hambaNya yang sombong, dan berlaku seolah-olah ia yang paling pandai, paling berkuasa, paling tampan, paling kaya, paling tenar dan paling tahu.

Allah lebih menyukai hambaNya yang rendah hati, mengelola kebisaannya menjadi hal yang bijak. Orang sombong akan menerima akibat neraka jahanam dan mempersulit hidupnya.

Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong .” [Al Mu’min 76].

5. Suka Menggunjing
Perumpaan orang yang suka menggunjing, adalah seseorang dalam dirinya tidak pernah berkaca pada “tenguknya” sendiri. Suatu pekerjaan yang mustahil, namun kenyataan demikian.

Seseorang penggunjing tidak pernah melihat kesalahan sendiri, tapi terus memperbincangkan keburukan orang lain. Dalam Islam perumpaan orang yang suka menggunjing lebih mengerikan lagi, yakni seolah memakan daging saudaranya sendiri! Naudzubillah!

“… dan janganlah kamu mencari aib orang lain (menggunjing). Senangkah salah seorang kamu memakan daging saudaranya yang telah mati! Maka kamu pasti merasa jijik memakannya…” (QS. Al hujurat:12).

6. Suka Adu Domba
Orang yang mempunyai kegemaran untuk mengadu domba orang lain, agar orang lain bermusuhan dan bercerai berai adalah paling tidak disukai dalam Islam. Selain mengharapkan permusuhan, orang yang mengadu domba ini akan menimbulkan hal lebih buruk lagi, bisa saling melukai bahkan saling membunuh.

Celakalah (siksalah) untuk orang-orang pengumpat dan pencela” (QS. Al-Humazah:1)

Lafadz ‘Humazah’ ialah orang yang suka mengadu domba.

7. Durhaka Pada Orang Tua
Ternyata salah satu dari 10 Perbuatan yang sebabkan Kesulitan Hidup adalah durhaka pada orang tua. Anak yang tidak menuruti nasehat orangtua, menyia-nyiakan hidupnya, membangkang seluruh perkataannya bahkan ada yang tega untuk menganiaya orangtua.

Nabi SAW adalah sosok yang selalu menyarankan pada umatnya untuk menghormati orangtua. Bagaimana tidak, orangtua adalah seseorang yang selalu mencurahkan perhatian pada anaknya semasa bayi sampai menjelang dewasa. Selayaknyalah kita menghormatinya, bukan sebaliknya.

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan.” [QS. al-Ahqâf/46:15].

8. Bersumpah Palsu
Sejak dahulu sampai sekarang banyak orang ingin dipercaya oleh orang lain dengan bersumpah. Hal itu tidak mengapa jika memang susatu kebenaran, namun yang tidak dibenarkan itu bersumpah dengan menyebut nama Allah padahal hanya untuk kebohongan saja, atau hanya agar orang lain percaya.

Hal demikian merupakan dosa besar dan sangat memungkinkan pelakunya masuk neraka atas perilakunya ini. Bersumpah palsu saja sudah dosa, apalagi dengan menyebut Asma Allah, itu merupakan penghinaan.

9. Muamalah Dengan Riba
Seringkali orang bertanya, mengapa kehidupannya masih juga sulit padahal sudah berusaha. Pertanyaannya adalah seberapa halal usaha kita dimata Allah? Apakah cara mencari rezeki kita sudah benar, atau bahkan kita tidak pernah mengindahkan hal ini, asalkan dapat uang, atau untung, padahal dari muamalah yang riba.
Maka jauhilah dari riba, karena riba akan menyulikan hidup dan tentu berakhir pada neraka.

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. Peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir.” (Qs. Ali Imron : 130).

Semoga manfaat.

Sumber: kajianlagi.blogspot.co.id





Loading...
loading...
loading...