Doa Wirid Nabi Sulaiman Untuk Kekayaan Melimpah




Mungkin anda sudah mendengar tentang kisah Nabi Sulaiman as. Beliau merupakan salah seorang Nabi yang dilimpahi kekayaan yang melimpah ruah yang belum anda sebelumnya. Dan Beliau ini pun juga di karuniai salah satu mukjizat yakni dapat berbicara dengan hewan apapun salah satunya adalah burung.

Sedikit cerita ringkasan tentang kisah Nabi Sulaiman as. Pada waktu ketika Beliau merupakan salah satu putra Nabi Daud. Sejak itu Beliau masih anak-anak berusia 11 tahun, Beliau ketika masih kecil sudah menampakan kecerdasan, kepandaian dalam berfikir, ketajaman otak serta ketelitian dalam mempertimbangkan serta mengambil suatu keputusan yang tepat.

Pada saat Beliau masih mudah. Namun sudah disiapkan oleh ayahnya Nabi Daud untuk mengganti posisinya dari kerajaan Bani Israi’il.

Pada saat itulah Allah telah memberikan kuasa baginya makhluk-makhluk lain seperti, jin, angin, kekayaan, burung dan semua itu berada dibawah perintah Beliau as, untuk melakukan serta melaksanakan segala perintah dari Allah SWT.

Salah satunya adalah membangun gedung-gedung telah dikerjakan oleh jin-jin atas dibawah perintah Beliau. Selain itu, Beliau juga pernah mengajak ratu Balqis untuk beriman kepada Allah SWT.

Supaya meninggalkan agamanya dulu yang menyembah matahari. dahulu mengira bahwa beliau iri dengan kekayaan yang di memiliki oleh ratu Balqis, padahal tidak ada apa-apanya.

Itulah kisah cerita ringkasan singkat Nabi Sulaiman telah diberikan kekayaan, kekuasaan oleh Nabi Daud, mukjizat tersebut telah diberikan Allah serta bertemu dengan ratu Saba’ untuk beriman kepada Allah.

Inilah amalan doa nabi sulaiman untuk kekayaan yang terdapat didalam Al-Qur’an. Yaitu pada surat Shaad ayat 35 sebagai berikut (doawirid amalan).

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَّا يَنبَغِي لِأَحَدٍ مِّن بَعْدِي ۖ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ

Dia berkata, “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi.” (QS. Shad : 35)

Dan kemudian Allah menjawab dan mengabulkan doa Nabi Sulaiman as. Yakni memberikan anugerah serta pengetahuan besar dan melimpahkan kekuasaan, kekayaan serta wewenang atas Beliau.

Dalam ayat tersebut menceritakan kehidupannya beliau. Berbagai perinci tentang wewenangan, kekayaan, serta bagaimana ia menggunakan pengetahuanya telah di sampaikan.

Karena di anugrahi bertubi-tubi berkah serta kakayaan melimpah ruah. Beliau selalu bersyukur kepada Allah SWT. Syukur Beliau as ketika di puncak kesuksesan dituangkan dalam sebuah doa Nabi Sulaiman sebagai berikut Surat An Naml ayat 19:

فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّن قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

“Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, ‘Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih’.” (QS. an-Naml : 19)

Penjelasan dari doa Nabi Sulaiman untuk kekayaan diatas adalah:

Doa diatas sangat baik sekali untuk dibaca. Supaya kita mendapatkan ilham dan untuk mensyukuri nikmatnya, dan dimaksukkan ke dalam golongan orang beramal shalih didunia.

Hingga sampai kemudian mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat nanti. Doa tersebut juga dibaca oleh beliau untuk mensyukuri nikmat dan kekayaan telah di anugrahkan oleh Allah.

Hikmah
Bagi anda yang sudah di karuniai rezeki dan kekayaan oleh Allah. Maka jangan lupa mensyukuri nikmat yang sudah diberikan oleh Allah. Seperti beliau as yang telah menysukuri karunia yang sudah diberikan oleh Allah.

Kesuksesan, rezeki, kekayaan dan ketenaran semua merupakan karunia dari Allah Swt untuk menguji kita apa kita bersyukur kepada Allah atau mengingkarinya.

Sungguh tidak tepat jika orang sukses berkata: kekayaan dan kesuksesan itu merupakan hasil kerja keras ku sekarang. Ciri-ciri orang seperti itu tidak akan kekal kesuksesanya karena tidak menysukurinya apa yang didapat sekarang ini.

Sesungguhnya kesuksesan itu adalah dari Allah SWT. maka sekecil apapun itu mari kita selalu bersyukur atas nikmat yang sudah kita rasakan sekarang ini. Karena banyak orang diluar sana yang hidupnya lebih susah dari pada anda.

Jadi syukurilah apa yang anda punya sekarang ini. Demikian mengenai doa nabi sulaiman untuk kekayaan melimpah ruah. Semoga hikmah dari doa diatas dapat membuat kita akan selalu bersyukur atas nikmat yang sudah diberikan Allah sekarang. dan terimakasih atas kunjungan anda.

Sumber: amalandoawirid.blogspot.co.id