Dimana Allah? Apakah Allah Bersama Kita?

by

Maka kamu katakan: Allah di atas langit, beristiwa’ di atas ‘Arsy-Nya, dan dalilnya adalah perkataan Allah Ta’ala:

﴿أَأَمِنْتُمْ مَنْ فِي السَّمَاءِ أَنْ يَخْسِفَ بِكُمُ الْأَرْضَ فَإِذَا هِيَ تَمُورُ﴾ [الملك/16].

“Apakah kalian merasa aman terhadap Allah yang (berkuasa) di langit bahwa Dia akan menjungkir balikkan bumi bersama kalian, sehingga dengan tiba-tiba bumi itu bergoncang?”. (Al-Mulk: 16). Dan perkataan-Nya Ta’ala:

﴿الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى﴾ [طه/5].

“Ar-Rahman yang beristiwa’ di atas ‘Arsy”. (Thaahaa: 5). Dan hadits Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu bahwasanya Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berkata:

«يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ».

“Robb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia, tatkala 1/3 (sepertiga) akhir malam Dia berkata: Barang siapa yang berdoa kepada-Ku maka Aku akan mengabulkannya, dan barang siapa yang meminta kepada-Ku maka Aku akan memberinya, dan barang siapa berirtighfar kepada-Ku maka Aku akan mengampuninya”. (Muttafaqun ‘Alaih ). Dan turun keberadaannya dari atas [ke bawah].

Jika Dikatakan Kepadamu: Apakah Allah Bersama Kita?

Maka kamu katakan: Allah ‘Azza wa Jalla bersama kita dengan ilmu-Nya, dan dalilnya adalah perkataan Allah Ta’ala:

﴿وَهُوَ مَعَكُمْ أَيْنَ مَا كُنْتُمْ﴾ [الحديد/4].

“Dan Dia bersama kalian dimana pun kalian berada”. (Al-Hadiid: 4). Dan perkataan-Nya Ta’ala:

﴿وَهُوَ اللَّهُ فِي السَّمَاوَاتِ وَفِي الْأَرْضِ يَعْلَمُ سِرَّكُمْ وَجَهْرَكُمْ وَيَعْلَمُ مَا تَكْسِبُونَ﴾ [الأنعام/3].

“Dan Dialah Allah (yang disembah), baik di langit maupun di bumi; Dia mengetahui apa yang kalian rahasiakan dan apa yang kalian tampakkan dan Dia mengetahui (pula) apa yang kalian usahakan”. (Al-An’am: 3). Berkata Ibnu Katsir: Yang dimaksud bahwasanya Allah mengetahui segala sesuatu yang di langit dan di bumi dari yang rahasia dan yang tampak”.

Sumber: congkop.com

Loading...
loading...
loading...