Cara Wudhu’ Dengan Air yang Sedikit (1 Gelas Air Kemasan)

by

Wudhu merupakan syarat yang harus kita lakukan jika ingin menunaikan seuatu ibadah. Karena, dengan melakukan wudhu yang benar tentu ibadah kita akan sah.

Cara wudhu dengan segelas air menjadi langkah yang pas jika Anda berada di tempat yang sulit pasokan air. Mungkin bagi Anda yang melakukan berpergian jauh yang sulit untuk menemukan air suci.

Sebenarnya Anda bisa juga bertayamum. Tapi jika lokasi tersebut tidak terdapat debu yang suci sebaiknya Anda menggunakan cara wudhu dengan air satu gelas atau botol minuman.

Cara Wudhu Dengan Air yang Sedikit Cukup Dengan Satu Botol
Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana mungkin kita bisa berwudhu dengan hanya menggunakan air satu mud atau sebanyak 1 botol air kemasan.

Sebenarnya tidaklah sulit untuk mempraktekkannya. Jika kita juga mengacu dari cara berwudhunya Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam.

  1. Pertama basuh tangan tiga kali dengan menyela-nyela jari.
  2. Kedua mengambil air dengan 1 tangan lalu berkumur sekaligus istinsyaq atau mengalirkan air kedalam hidung.
  3. Lalu membasuh muka tiga kali.
  4. Dilanjutkan mencuci tangan tiga kali.
  5. Membasuh rambut langsung dengan telinga cukup sekali saja.D
  6. an terakhir membasuh kedua kaki tiga kali Sambil menyela jari kaki

Semua itu cukup dengan satu mud atau satu gelas air kemasan. Sebagian besar umat muslim setelah berwudhu biasanya mengelap air wudhu nya sampai kering.

Tapi sebagian orang tidak mau mengelapnya karena nabi pernah menyampaikan bahwa air wudhu merupakan cahaya di hari kiamat. Maka sayang bila harus dikeringkan.

Apakah yang demikian ini memang diatur dalam syariat bersuci.? Karena keutamaan wudhu ulama Syafi’i dan Hambali menghukuminya makro apabila air wudhu cepat-cepat dikeringkan.

Pendapat ini didasari oleh sabda Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam.

“Sungguh umatku akan disuruh pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya karena bekas wudhunya, maka siapa yang mampu memperpanjang sinarnya maka lakukanlah” (HR  Bukhari dan Muslim)

Mazhab Hambali bahkan menyatakan meninggalkan bekas sisa air wudhu di tubuh merupakan suatu keutamaan. Akan tetapi mazhab Hanafi memandang , mengeringkan bekas air wudhu hukumnya Sunnah.

Berlandaskan hadits riwayat Ibnu Majah, bahwa Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam berwudhu kemudian beliau membalik jubahnya dan mengusapkanya pada wajahnya.

Demikian artikel tentang cara wudhu dengan air yang sedikit cukup dengan satu gelas air atau botol minuman. Tidak ada alasan lagi jika kita tidak menjumpai air yang melimpah untuk digunakan bersuci. Karena dengan satu botol saja bisa untuk mensucikan diri.

Sumber: hafiziazmi.com

Loading...
loading...
loading...