Cara Mudah Menguji Madu Asli Atau Palsu

by

Madu Selain Manis dan enak untuk dikonsumsi ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Nah yang jadi masalah jarang kita menemukan madu yang asli.

Oleh karna itu untuk membedakan apakah madu tersebut asli apa palsu anda dapat mengikuti cara-cara dibawah ini.

Periksa Label
Pada saat pembelian periksa label dengan hati-hati. Jika Anda menemukan bahan-bahan tambahan, tidak usah membelinya. Jika Anda tak percaya, atau penjualnya tidak mencantumkan label, Anda bisa melakukan uji keaslian lainnya.

Menguji Dengan Menggunakan Air
Salah satu cara yang efektif untuk mengetahui bahwa madu Anda murni adalah dengan melakukan uji air. Caranya Tuangkan sesendok madu ke dalam segelas air.

Apabila madunya larut, maka madu tersebut tidak murni karena ada kandungan air di dalamnya. Madu murni selalu berbentuk gumpalan ketika dituangkan ke dalam air.

Menguji Dengan Api
Hati-hati saat uji coba cara ini. Madu adalah objek yang mudah terbakar. Untuk membuktikan keaslian madu, Anda dapat mengambil lilin dan menempatkan madu pada sumbu.

Sulutkan sumbu dengan api. Jika sumbu mulai menyala, maka madu murni. Jika tidak, berarti ada kandungan air dalam madu.

Menguji Dengan Kain
Tuangkan beberapa tetes madu pada kain. Madu murni akan diserap. Anda juga dapat membuktikan kemurnian dengan cara lain. Cuci bekas madu pada kain. Jika Anda tidak menemukan noda di atasnya, madu Anda murni.

Uji Jam
Kedengarannya sangat menarik, bukan? Sebenarnya, penelitian ini tidak ada hubungannya dengan jam. Tapi banyak orang percaya metode ini.

Tenggelamkan sesendok madu ke dalam botol madu. Sekarang, angkat dan arahkan ke dalam wadah kosong. Biarkan madu menetes dari sendok. Jika madu jatuh searah jarum jam, madu dianggap murni.

Menguji Dengan Alkohol
Ambil proporsi yang sama madu dan alkohol dan tuangkan ke dalam gelas. Madu murni pasti akan membentuk gumpalan sementara madu yang tidak murni akan encer.

Jika madu tidak murni Anda akan menemukan cairan putih seperti susu setelah percobaan.

Menguji Dengan Roti
Coba ini pada saat sarapan. Madu murni selalu membuat roti menjadi keras. Jika ada bahan lain di dalam madu, roti akan menjadi basah dan lembek.

Menguji Dengan Kertas
Anda perlu kertas yang dapat mengisap cairan untuk melakukan uji ini. Tuangkan setetes madu di atasnya. Jika madunya tidak alami, kertas akan menyerap madu. Jika madunya murni, madu akan tetap berada di atas kertas.

Sumber: diluarpengetahuan

Loading...
loading...
loading...