Cara Mendidik Anak Agar Patuh pada Orang Tua Tanpa Paksaan




cara mendidik anak agar patuh terhadap orang tua bukan dengan cara kekerasan fisik maupun mental. Kepatuhan anak akan lebih baik jika dimunculkan dari kesadaran anak kita sendiri atau tanpa paksaan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mendidik anak agar mengerti bahwa patuh kepada orang tua adalah hal yang baik dan bernilai positif.

Namun, hal ini tentu tidaklah mudah, karena orang tua harus memiliki kesabaran ekstra dan usaha yang keras. Berikut ini beberapa cara mendidik anak agar patuh terhadap orang tua:

1. Konsisten Terhadap Peraturan yang Dibuat
Orang tua harus konsisten dalam menentukan peraturan untuk membuat anak disiplin. Misalnya hari ini Anda melarang anak bermain playstation di malam hari, maka di hari-hari berikutnya peraturan ini juga harus tetap dijalankan.

Dengan konsisten menerapkan peraturan akan membuat anak menjadi disiplin dan patuh terhadap orang tua.

2. Buat Anak Menyadari Kesalahannya dan Merasakan Konsekuensi Dari Kesalahannya
Saat anak melakukan kesalahan, tegurlah dengan bijak sampai anak menyadari kesalahannya dan berilah hukuman (yang bijak) atas kesalahan yang telah dilakukan agar sang anak merasakan konsekuensi berupa hukuman dari kesalahannya.

3. Beri Contoh Positif
Berilah contoh positif kepada anak. Jika orang tua tidak mematuhi peraturan, bagaimana anak akan mematuhi peraturan? Cara ini sangat efektif, karena pada umumnya anak akan mencontoh sikap dan ucap orang tua.

4. Bersikap Tegas (Bukan Keras)
Tegas bukan berarti harus bersikap keras, karena dalam ketegasan masih ada kelembutan atau kasih sayang. Cobalah untuk mengerti perasaan mereka dan tekankan bahwa mereka harus bisa mengikuti peraturan dan arahan orang tua.

5. Beri Pujian, Penghargaan Atau Sanjungan Saat Anak Mematuhi Peraturan
Jangan ragu untuk memuji dan membesarkan hati mereka ketika mereka melakukan hal yang kita inginkan. Dengan begitu, mereka akan merasa lebih dihargai atas usahanya dan tentunya mereka akan lebih bersemangat untuk patuh terhadap orang tua tanpa dipaksa.

6. Memperkuat Hubungan Dengan Anak
Abak-anak tentunya tidak akan mau patuh kepada orang tua kalau hubungan orang tua dan anak tidak dekat, jarang berkomunikasi, dan jarang menghabiskan waktu bersama anak.

Luangkanlah waktu untuk lebih sering bersama mereka agar hubungan anda dan anak dekat, anda dapat mengetahui perkembangan mereka, dan mereka merasa dapat perhatian dari anda sebagai orang tua. Kedekatan adalah salah satu cara mendidik anak yang baik dan cara membuat mereka patuh kepada orang tua.

Semoga bermanfaat.

Sumber: ummi-online.com