Cara Alami Mengobati Kaki Tertusuk Paku

by

Jangan pernah sepelekan tertusuk paku, apalagi tertusuk oleh paku berkarat, bisa menyebabkan tetanus.

Segela ambil tindakan cepat dalam melakukan pengobatan, bila perlu bawa langsung kedokter terdekat Anda untuk mengatisipasi terkena tetanus.

Tetanus adalah penyakit infeksi akut dan fatal yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani yang memproduksi toksin (racun).

Racun ini yang kemudian menghasilkan gangguan saraf yang ditandai dengan meningkatnya tegangan dan kekejangan otot.

Jika Anda sedang terkena musibah seperti tertusuk atau menginjak paku, hal pertama yang Anda lakukan adalah dengan cara mengobatinya dengan benar-benar agar tidak terjadi pembengkakan atau malah terinfeksi dan dapat menyebabkan tetanus.

Sebenarnya dalam hal ini sudah banyak kejadian yang berujung pada kematian akibat menyepelekannya tertusuk paku yang berkarat.

Saking berbahayanya dampak dari tertusuk paku yang membahayakan keselamatan akibat tetanus, kami sarangkan Anda untuk melakukan pengobatan dengan cepat.

Cara Alami Mengobati Kaki Tertusuk Paku
Untuk mendiagnosis tetanus, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik. Termasuk pemeriksaan luka sambil menanyakan riwayat penyakit, vaksinasi yang pernah diterima, serta gejala dan tanda klinis yang dialami pasien.

Sementara langkah yang dilakukan untuk pengobatan tetanus bertujuan untuk memberikan terapi suportif seperti : memusnahkan spora, dan menghentikan perkembangan bakteri, seperti dengan melakukan cara-cara berikut ini, diantanya :

Membersihkan luka yang kotor
Bakteri ini dapat menginfeksi manusia melalui luka terbuka akibat tertusuk paku yang terpapar oleh tanah atau kotoran (paku berkarat) yang mengandung bakter Clostridium tetani.

Sehingga membersihkan luka dengan seksama adalah hal yang penting untuk mencegah terjadinya infeksi yang berujung pada pembengkakan.

Menghentikan produksi neurotoksin
Untuk mencegah berkembang biaknya bakteri tetanus ( Clostridium tetani ) sebaiknya segera memberikan obat penawar racun atau penangkal bakteri tetanus.

Agar pelepasan neurotoksin atau racun yang menyerang sistem saraf dalam tubuh ( kulit yang tertusuk paku ) tidak terjadi dan bisa dikendalikan.

Menetralkan neurotoksin yang belum menyerang saraf tubuh
Selanjutnya untuk menetralkan neorotoksin yang terjadi akibat racun biasanya Dokter akan menganjurkan untuk melakukan suntik vaksinasi tetanus jika pasien belum pernah divaksinasi.

Biasanya vaksinasi diberikan pada calon ibu sebagai pencegahan awal terhadap calon bayi agar tidak terserang penyakit yang sangat berbahaya (tetanus).

Mencegah komplikasi
Sebenarnya sudah jelas melakukan vaksinasi tetanus toxoid (TT) adalah vaksin yang direkomendasikan oleh WHO atau badan kesehatan dunia untuk diberikan kepada ibu hamil.

Tujuan dari pemberian vaksin ini pada ibu hamil adalah untuk mencegah terjadinya tetanus pada bayi baru lahir serta ibunya.

Terakhir, menangani komplikasi bila sudah terjadi
Jika luka yang disebabkan oleh tertusuk paku berkarat sudah membengkak ( sudah terjadi komplikasi ).

Penderita biasanya akan segera di larikan ke rumah sakit/dokter dan akan diberi pertolongan pertama dengan langsung mendapatkan perawatan intensif.

Metode penanganan intensif tersebut umumnya meliputi: Meredakan kejang yang terjadi, membersihkan luka dengan seksama, menetralisasi neurotoksin yang masih bebas, memberikan obat-obatan untuk menghentikan produksi neurotoksin, penggunaan alat bantu pernapasan atau ventilator, memberikan nutrisi melalui selang atau infus, melakukan tirah baring (bedrest) dalam ruang gelap dan tenang, dan yang terakhir memberikan vaksinasi Tetanus.

Sumber: obatlukaherbal.web.id

Loading...
loading...
loading...