Biografi Al-jazari Ilmuwan Muslim Penemu Robot




Hanya sedikit yang diketahui tentang Al-Jazari, dan kebanyakan berasal dari perkenalannya dari buku “Pengetahuan Ilmu Mekanik”. Nama Al-Jazari berasal dari tempat kelahirannya, Al-Jazira, Mesopotamia, nama tradisional Arab untuk wilayah di batian utara Mesopotamia dan sekarang dikenal sebagai wilayah tenggara Turki, di antara Sungai Tigris dan Sungai Efrat.

Seperti ayahnya, dia mengabdi sebagai kepala insinyur di Istana Artuklu, kediaman dari Dinasti Artuqid cabang Mardin yang memerintah wilayah timur Anatolia sebagai wilayah pengikut dari Dinasti Zangid dan selanjutnya Dinasti Ayyubiyyah.

irak-aljazair

Al-Jazari adalah seorang tradisi pengrajin sehingga lebih cenderung sebagai praktisi insinyur dari pada penemu yang tampaknya lebih tertarik kepada proses pengerjaan yang diperlukan untuk membangun suatu alat dari padateknologi yang berada dibelakangnya dan mesin-mesin ciptaannya biasanya dirakit berdasarkan trial and erorrdaripada perhitungan teoritis.

Bukunya “Pengetahuan Ilmu Mekanik” tampaknya menjadi sangat populer sebagaimana telah banyak terlihat dalam sejumlah besar salinan manuskrip, dan seperti yang berulang kali dijelaskan olehnya, dia hanya menjelaskan peralatan-peralatan yang dibangunnya sendiri. Menurut Mayr, gaya bahasa dalam buku tersebut seperti buku modern do-it-yourself.

aljazari-robot

Beberapa peralatannya terinspirasi oleh peralatan-peralatan sebelumnya, seperti salah satu jam airnya yang monumental, yang berdasarkan Pseudo-Archimedes. Dia juga mengutip pengaruh Banu Musa bersaudara untuk air mancurnya, al-Asturlabi untuk desain jam lilin, dan Hibat Allah ibn al-Husayn untuk musical automata.

Al-Jazari melanjutkan dengan menggambarkan perbaikan yang dibuatnya terhadap hasil karya pendahulunya, dan menjelaskan peralatan-peralatan, tehnik-tehnik, dan komponen-komponen yang merupakan penemuan orisinilnya yang tidak tampak dalam hasil karya pendahulunya.

Sumber: satujam.com





Loading...
loading...
loading...