Berhati-hatilah, Berikut 8 Tanda Awal Penyakit Gagal Ginjal yang Ternyata Sering Diabaikan

by

Tanda-tanda gagal ginjal mirip dengan kondisi umum lainnya, penting untuk memperhatikan dan mencari bantuan medis jika Anda memiliki 2 atau lebih dari gejala berikut.

Ginjal memainkan peran penting dalam kesehatan seluruh tubuh. Ginjal berfungsi mencegah cairan dan limbah terkumpul di dalam darah, menjaga darah tetap bersih untuk mencegah infeksi.

Mereka juga bertugas menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh, memproduksi sel darah merah dan mengendalikan tekanan darah. Karena itu, setiap perubahan dalam kesehatan ginjal menyebabkan gangguan serius yang mengurangi kualitas hidup.

Gagal ginjal adalah salah satu penyakit yang paling sering terjadi dan pasien hampir tidak pernah mendeteksinya pada tahap awal. Perlu diingat bahwa deteksi dini adalah kunci untuk pengobatan.

1. Edema Atau Peradangan
Gagal ginjal dapat menyebabkan retensi cairan di jaringan yang menyebabkan peradangan. Beberapa penyakit yang berbeda dapat menyebabkan gejala yang sama, tetapi dalam banyak kasus ini terkait dengan masalah ginjal. Pembengkakan terjadi pada kaki, pergelangan kaki, wajah, tangan, perut.

2. Kulit Berjerawat
Gagal ginjal menyebabkan racun menumpuk di dalam darah yang kemudian diangkut ke kulit. Ini menyebabkan beberapa masalah kulit yang berbeda, seperti jerawat, gatal-gatal, dan rasa gatal yang hebat.

Ini bisa dikurangi dengan mengoleskan beberapa jenis krim atau lotion, tetapi paling efektif adalah melalui detoksifikasi ginjal.

3. Perubahan Buang Air Kecil
Perubahan buang air kecil mudah dideteksi dan merupakan tanda paling jelas dari gangguan ginjal. Perubahan meliputi:

  • Tekanan atau kesulitan saat buang air kecil
  • Air kencing berdarah
  • Warna yang jauh lebih gelap atau dengan bau yang kuat
  • Peningkatan atau penurunan jumlah urin
  • Air seni berbusa atau berbuih
  • Buang air kecil di malam hari meningkat
  • Terbakar pada akhir buang air kecil
  • Inkontinensia, tidak bisa mengontrol buang air kecil

4. Mudah Kelelahan
Salah satu tujuan utama organ ini adalah menghasilkan hormon yang disebut erythropoietin, yang berpartipasi dalam produksi sel darah merah untuk mengangkut oksigen melalui darah.

Jika salah satu ginjal Anda gagal, produksi zat ini akan berkurang dan akibatnya Anda akan merasa lelah. Karena itu, Anda dapat mengalami mudah lelah, nyeri otot, dan kesulitan berkonsentrasi.

5. Merasa Dingin
Gagal ginjal mengurangi jumlah sel darah merah dan bisa meningkatkan risiko anemia. Seiring dengan jenis reaksi ini, seseorang mungkin kekurangan energi dan merasa sangat dingin yang membuat pasien merasa sakit.

Orang yang menderita kondisi ini seringkali menyatakan bahwa pilek tidak hilang bahkan ketika terkena sinar matahari dan mereka bisa merasakan kedinginan.

6. Nyeri Punggung Bawah
Tajam, nyeri punggung bawah, atau nyeri di samping, bisa menjadi tanda penyekit ginjal. Rasa sakit ini terkait dengan penyakit ginjal polikistik, batu ginjal, dan kondisi hati, yang umumnya meningkat setelah berdiri untuk jangka waktu yang lama.

7. Rasa Metalik di Mulut
Kerusakan ginjal meningkatkan keberadaan racun dalam darah Moms dan menciptakan beberapa gangguan pada sel-sel yang terkena. Banyak orang mengalami rasa tidak enak saat makan dan setelah makan, serta memiliki bau mulut.

Mereka merasakan rasa logam di mulut seperti amonia, dan hilangnya kenikmatan dalam beberapa makanan yang mengarah ke kekurangan nutrisi.

8. Mual dan Muntah
Mual dan muntah terus menerus tanpa alasan yang jelas bisa menjadi tanda peringatan masalah fungsi ginjal. Karena limbah tidak dibuang dengan benar, gejala-gejala ini meningkat dan bertambah buruk dengan hilangnya nafsu makan.

Tanda-tanda kegagalan ginjal bervariasi dari orang ke orang dan berubah sesuai dengan seberapa seriusnya.

Jika Anda memiliki dua atau lebih gejala yang disebutkan di atas, itu adalah alasan yang lebih dari cukup untuk memeriksakan ke medis.

Sumber: tribunjualbeli.com

Loading...
loading...
loading...