Beberapa Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kulitmu Cepat Tua

by

Menua merupakan sebuah fase kehidupan yang tidak dapat dihindari oleh mereka yang diberikan Allah umur panjang.

Ketika seseorang semakin menua, tentunya banyak perubahan fisik yang akan dialami oleh setiap orang, termasuk diantaranya adalah penuaan kulit seperti munculnya keriput atau garis-garis halus di area wajah dan sekitarnya.

Namun ternyata ada lho kebiasaan tertentu yang dapat mempercepat penuaan kulitmu. Berikut diantaranya:

1. Merokok
Semua orang udah tahu dong kalau rokok itu mengandung zat-zat yang berbahaya nggak hanya bagi kulit, tetapi juga bagi tubuh pada umumnya.

Salah satu penyakit yang mengancam perokok aktif adalah kanker. Nah, kebiasaan merokok ini ternyata dapat membuat kulit seseorang menjadi cepat keriput.

Ya wajar sih Sob, soalnya merokok ternyata dapat membuat aliran darah ke kulit menjadi terhambat. Selain itu, merokok minimal 10 menit dapat membuat pasokan oksigen ke kulit juga menjadi berkurang selama satu jam.

Karena itulah, kulit perokok menjadi lebih terlihat keriput dan biasanya perokok ini terlihat lebih tua dibandingkan dengan rekan seusianya yang tidak merokok.

Jadi ada baiknya buat para perokok untuk mengurangi dan kalau bisa berusaha agar berhenti merokok supaya wajah lebih sehat dan terlihat fresh.

2. Stres
Sadar nggak sih Sob, kalau stres yang dialami seseorang menyebabkan seseorang menjadi terlihat lebih tua dari sewajarnya. Saat stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol.

Salah satu efek negatif hormon kortisol ialah membuat kulit menjadi cepat mengendur. Hormon ini juga membuat produksi minyak alami dalam tubuh meningkat yang akhirnya menyebabkan kulit berjerawat. Kulitpun menjadi cepat menua.

Saat stres juga biasanya orang akan sulit tidur. Kurang tidur ini juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan kulit. Jadi penting banget Sob mengelola stres kita, bukan cuma untuk kesejhatan kulit aja sih, tapi juga kesehatan tubuh.

3. Gula
Mengonsumsi gula atau makanan yang manis emang diperlukan oleh tubuh, tapi kalau kebanyakan ternyata bisa membuat kulit cepat tua lho.

Kelebihan mengonsumsi makanan manis dapat meningkatkan kadar hormon insulin dalam tubuh.

Hal ini dapat merusak kolagen yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan kulit. Karena konsumsi gula berlebih ini, kulit pun menjadi kusam, banyak kerutan dan terlihat tua.

4. Alkohol
Pasti udah paham lah ya Sob, kalau mengonsumsi alkohol ataupun segala sesuatu yang memabukkan itu dilarang di dalam Islam karena menimbulkan mudharat dan dosa yang lebih besar dibandingkan dengan manfaatnya.

Sebagaimana yang dijelaskan di dalam Al-Qr’an;

يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ ۖ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَا أَكْبَرُ مِن نَّفْعِهِمَا ۗ وَيَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنفِقُونَ قُلِ الْعَفْوَ ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الْآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ

“Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang khamar dan judi. Katakanlah, Pada keduanya terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia. Tetapi dosanya lebih besar daripada manfaatnya. Dan mereka menanyakan kepadamu (tentang) apa yang (harus) mereka infakkan. Katakanlah, Kelebihan (dari apa yang diperlukan). Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu memikirkan,” (QS. Al-Baqarah [2]: 219)

Kebiasaan mengonsumsi alkohol ini membuat tubuh dehidrasi sehingga berdampak buruk bagi kesehatan. Jadi kalau masih ada yang minum alkohol, sebaiknya mulai menghentikan kebiasaannya itu dan diganti dengan memperbanyak minum air mineral.

5. Olahraga
Berolahraga secara rutin dapat membuat tubuh lebih sehat. Orang yang jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga iasanya juga akan lebih cepat lemas dan loyo.

Makanya Sob, akan lebih bagus kalau kita bisa merutinkan olahraga. Nggak usah yang berat–berat dululah, asalkan kita bisa konsisten melakukannya.

Nah itu dia beberapa kebiasaan yang dapat membuat kulit menjadi cepat tua. Kamu termasuk yang mana? Yuk ah, perbaiki pola hidup kita. Agar tubuh lebih sehat luar dan dalam.

Sumber: annida-online.com

Loading...
loading...
loading...