Baca Ini di Jum’at Terakhir Bulan Rajab, InsyaAllah Selalu Banyak Rezeki Selama Setahun

by

Tak terasa kita sudah memasuki minggu-minggu terakhir bulan Rajab. Bulan yang termasuk salah satu bulan yang diistimewakan ini akan segera berakhir.

Di penghujung minggu bulan Rajab ini, kita disunnahkan untuk memperbanyak amal ibadah, dan memperbaiki kualitas keimanan kita.

Jum’at nanti merupakan Jum’at terakhir bulan Rajab. Ada banyak amalan-amalan yang dapat kita lakukan di Jumat terakhir bulan Rajab.

Diantara amalan-amalan itu antara lain disunnahkan untuk memperbanyak sholawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW. Adapun bacaan sholawat itu adalah seperti ini:

أحمد رسول الله محمد رسول الله

Ahmadu rasulullah muhammadur rasululllah

Adapun manfaat dari membaca sholawat seperti yang tertera diatas sangat besar. Seperti diterangkan dalam kitab Kanzun Najaah was Surruur Fil Ad’iyah Allatii Tasyrahush Shuduur karya Syeikh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Quds pada halaman 43 yang dikutip dari ngaji.web.id, artinya:

Diantara faedah-faedah: Sesungguhnya barang siapa pada akhir Jum’at bulan Rajab, saat khatib berada di atas mimbar:

أحمد رسول الله محمد رسول الله 

(AHMADU RASUULULLAAH MUHAMMADUN RASUULULLAAH) sebanyak 35 X.

Maka tidak terputus dirham dari tangannya dalam setahun itu (Selalu punya uang banyak selama setahun). Tak hanya itu, ada banyak amalan-amalan yang dapat kita kerjakan pada Jumat terakhir bulan Rajab.

Seperti yang telah diajarkan oleh Nabi kita Muhammad SAW, berikut beberapa amalan-amalan yang sebaiknya dilakukan pada Jumat terakhir bulan Rajab.

1. Mandi Sunnah Jum’at, Berpakaian Rapi dan Wangi-wangian
Hari Jumat memang hari yang sangat spesial bagi Umat muslim, semua amal ibadah yang dilakukan pada hari jumat sangat bernilai di sisi Allah dan juga Rasulullah.

Karena hari Jumat merupakan hari rayanya umat Islam, maka disunnahkan untuk berpakaian yang rapi disertai wangi-wangian.

2. Hari Jumat Juga Dapat Dikatakan Sebagai Hari Bersih-bersih, Yakni Bersih Hati dan Bersih Badan
Walaupun sebenarnya hari bersih-bersih itu seharusnya dapat dilakukan setiap hari. Diantara bersih badan yaitu disunnahkan untuk memotong kuku dan bulu anggota badan seperti kumis dan bulu kemaluan.

3. Baca Surat Al-Kahfi
Disunnahkan membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat karena manfaatnya sungguh besar. Seperti sabda Rasulullah SAW:

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, maka cahaya akan menyinarinya di antara dua Jum’at”. (HR. al-Hakim).

4. Perbanyak Sholawat Nabi
Dengan memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad SAW, mudah-mudahan di akhirat kelak akan mendapatkan syafaat nabi. Itulah beberapa amalan di hari Jumat yang amat besar manfaatnya jika dilakukan dengan ikhlas semata-mata karena Allah Ta’ala.

Apalagi amalan itu dilakukan pada hari Jumat terakhir bulan Rajab, hingga menambah keistimewaan dari amalan itu sendiri.

Sumber: tribunnews.com

Loading...
loading...
loading...