5 Manfaat Luar Biasa yang Akan Anda Peroleh Jika Melafalkan “La Ilaha Illallah”

by

La ilaha illallah bagi umat Islam tidak hanya berfungsi sebagai kalimat tauhid. Memang benar, kalimat ini menjadi salah satua rukun Islam.

Dengan kata lain, keislaman seseorang tidak bisa dianggap sah, tanpa melafalkan kalimat ini. Kalimat ini selain bukti keislaman, juga bagian dari ikrar keimanan.

Selain berhubungan dengan akidah, kalimat ini ternyata mempunyai banyak manfaat. Manfaatnya pun tidak hanya sesuatu yang didapat di dunia, tetapi juga manfaat-manfaat di akhirat nanti.

Inilah yang mungkin menjadi dasar para ulama mentradisikan hal-hal yang berhubungan dengan kalimat ini. Maka, muncullah istilah tahlilan, yang pada intinya membiasakan memperbanyak melafalkan kalimat ini.

Apa saja manfaat bisa didapat saat melafalkan kalimat ini? Berikut 5 di antaranya:

1. Bisa Memperbarui Iman
Bukan hanya aplikasi Android saja yang butuh upgrade, tapi iman juga butuh di-upgrade, lho. Bagaimana caranya? Caranya gampang banget kok. Nggak perlu pake kuota. Cukup mengucapkan kalimat tauhid “la ilaha illallah”.

Ini sebagaimana sabda Rasulullah Saw., “Perbaruilah imanmu.” Ada yang bertanya, “Bagaimana cara memperbarui iman, ya Rasulullah?” Perbanyaklah membaca La ilaha illallah,” jawab Nabi (HR Ahmad dan Hakim).

2. Api Neraka Haram Menyentuh Tubuh
Pernah kena luka bakar? Ingat tidak bagaimana panasnya? Tentu rasa panas itu tidak sebanding dengan panasnya api neraka.

Lalu, adakah amalan yang bisa menjauhkan kita dari api neraka. Tentunya ada dong. Perhatikan sabda Rasulullah Saw. berikut:

Dari Ali bin Abi Thalib berkata, Nabi Saw. bersabda, “Jibril pernah bicara (padaku) bahwa Allah berfirman, ‘La ilaha illallah adalah benteng-Ku. Barangsiapa yang memasukinya, maka akan aman dari siksaan-Ku,’” (HR Ibnu Asakir).

3. Bisa Membinasakan Iblis
Iblis adalah makhluk Allah yang diciptakan dari api yang tugasnya menjerumuskan anak-cucu Adam ke neraka-Nya yang sangat panas. Lalu, bagaimana caranya agar kita terhindar dari godaan iblis dan bisa membinasakannya?

Perhatikan hadis Nabi dari Abu Bakar r.a. berikut. “Ucapkan selalu la ilaha illallah dan istigfar. Usahakan kamu membaca keduanya sebanyak mungkin. Ilis pernah sesumbar,

‘Aku telah merusak manusia dengan beberapa dosa yang dijalankan, dan mereka membinasakan aku dengan bacaan la Ilaha Illallah dan istigfar.’”

4. Menjadi Zikir yang Paling Utama
Sudah diketahui umat iIlam pada umumnya bahwa membaca la Ilaha Illallah merupakan zikir yang paling utama. Apa yang diyakini tersebut termaktub dalam sabda Rasulullah Saw. berikut: “Zikir yang paling utama adalah membaca la ilaha illallah.”

5. Dijamin Masuk Surga
Masuk surga merupakan cita-cita semua manusia. Bagaimana tidak, di surga kita sudah dijanjikan berbagai kenikmatan yang tiada duanya dan tidak kita dapatkan di dunia ini. Rasulullah Saw. bersabda,

“Siapa yang akhir hidupnya mengucap la ilaha illah, maka dia dijamin masuk surga,” (HR Abu Daud dan Ahmad).

Sepertinya sangat mudah sekali ya menggapai pahala-pahala besar dan surga Allah dengan hal-hal yang kecil seperti hanya mengucap la ilaha illallah.

Tapi perlu diingat, kita tidak bisa langsung bisa menikmati surga Allah dengan hanya membaca tahlil saja.

Tapi juga harus menjalankan perintah-perintah yang diwajibkan Allah Swt., seperti salat, puasa, zakat, haji, sedekah, dan masih banyak amalan-amalan lainnya. Semoga kita semua termasuk hamba yang selalui diberi petunjuk oleh Allah Swt.

Sumber: datdut.com

Loading...
loading...
loading...