5 Cara Mengatasi Istri Tukang Marah dan Sulit Diatur

by

Khususnya para suami yang sudah terlanjur salah pilih istri, Anda mungkin bingung dengan tingkah istri yang sulit sekali diatur dan sangat gampang marah-marah.

Sebelum menyalahkan yang lainnya Anda perlu introspeksi mengapa kok sampai bisa menikahi perempuan seperti ini, jangan lupa bahwa sebagai pemimpin. Anda harus mampu menghisab diri sendiri terlebih dahulu.

Akan tetapi karena nasi telah menjadi bubur, mari kita simak dalil Quran mengenai apa yang perlu dilakukan suami dalam menghadpai istri ‘bandel’ seperti ini:

“Dan wanita-wanita yang kamu bimbang nusyuznya maka nasihatilah mereka dan pisahkanlah diri dari tempat tidur mereka dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya”.  (QS. an-Nisa : 34)

1. Nasihatilah Dia
Nasihati istri dengan sabar, bahwasanya marah-marah bukanlah hal yang baik untuk dipelihara, karena akan berdampak buruk bagi rumah tangga dan anak-anak.

2. Pisahkan Diri Dari Tempat Tidur
Pisah tempat tidur sebagai hukuman bagi istri, akan tetapi jika istri masih tidak mau berubah, bisa lakukan yang ketiga.

3. Pukullah Dia
Ingat, tidak boleh memukul istri di wajah agar tidak mempermalukannya atau menyakitinya, pukul yang dimaksud di sini bukan berarti KDRT, melainkan pukulan untuk meluruskan sifat istri yang buruk

4. Panggil Mediasi Dari Pihak Keluarga Laki-laki dan Perempuan
Jika memang 3 cara sebelumnya tidak berhasil, maka mulailah meminta mediasi dari 2 belah pihak keluarga, untuk menasihati istri agar mau mengubah sikap.

5. Bercerai/ Talak 1
Apabila tetap tidak mempan, maka perceraian talak 1 bisa dijatuhkan. Wallaahu ‘alam.

Semoga menjadi istri shalihah yang patuh pada suami dan bersikap lemah lembut, bagaimana pun surga dan neraka istri ada pada suaminya.

Sumber: ummi-online.com

Loading...
loading...
loading...