19 Kesalahan Fashion yang Umumnya Terjadi Pada Pria dan Harusnya Dihindari




Pria dan fashion belakangan ini tidak bisa dilepaskan. Apalagi bagi pria-pria berumur dewasa, fashion adalah pernyataan tidak hanya kedewasaan tapi juga kemapanan dan seseorang. Dan bukankah kebanyakan orang lebih suka dengan pria yang terlihat rapi dan dewasa daripada pria yang terlihat asal-asalan walau dinilai “cool” dan “nyentrik” untuk sementara?

Tidak dipungkiri sebagian besar yang dilihat orang untuk pertama kali adalah penampilan. Penampilan tentu saja mencakup wajah dan pakaian yang digunakan. Wajah tidak cukup tampan menurut standar manusia tapi jika berpakaian rapi dan bersih tentu akan menaikan tingkat kemenarikan seseorang di mata orang kebanyakan. Tentunya wajah dan penampilan tidak bisa dijadikan acuan kepribadian seseorang, apakah dia bersifat baik atau buruk. Untuk mengenal kepribadian seseorang yang sebenarnya pastinya dibutuhkan waktu yang cukup lama.

Beberapa kesalahan pria pada fashion biasanya karena karena para pria lebih mengandalkan kenyamanan dan rasa suka daripada harus pusing-pusing berlama-lama mencocokan warna baju dengan celana atau kaos kaki. Sebenarnya pria hanya membutuhkan waktu sedikit saja untuk terlihat rapi jika sudah mengetahui apa saja kesalahan-kesalahan dalam berpakaian. Dan inilah 39 kesalahan fashion yang umumnya terjadi pada pria menurut Kinowear.

1. Baju yang Kebesaran
Menggunakan baju yang kebesaran mengesankan ketidak rapian. Jika badan anda tidak cocok dengan ukuran di pasaran, sering-seringlah mengunjungi tukang jahit. Apakah untuk mengecilkan baju atau membuat baju.

2. Memakai Dasi Dengan Kemeja Lengan Pendek
Kebanyakan pegawai makanan cepat saji menggunakan kemeja lengan pendek dipadukan dengan dasi. Hal ini guna menghindari kotornya lengan baju saat membuat sandwich. Dan tentunya anda yang berprofesi berbeda tidak ingin dikira bekerja disana, kan? Jika ingin terlihat profesional dan percaya diri, pakailah dasi dengan kemeja lengan panjang.

3. Sepatu yang Kotor
Pria yang stylish tidak akan pernah membiarkan sepatunya kotor yang penuh guratan. Hal ini kadang luput dari perhatian pria kebanyakan.

4. Sepatu Kets
Koleksilah minimal dua pasang sepatu pantofel atau sepatu resmi dengan warna yang sama, sehingga anda dapat menggunakan yang lain ketika yang satu sedang kotor. Hal ini akan mencegah dari anda untuk memakai sepatu kets saat sepatu pantofel anda kotor.

5. Panjang Celana yang Tidak Sesuai
Jangan membiarkan celana jeans dan chino anda berlebihan panjangnya, kecuali hal tersebut adalah pernyataan fashion yang ingin anda buat. Celana panjang anda bisa saja panjangnya melebihi sepatu anda, tapi pastikan tidak menyapu jalan agar terhindar dari kotoran yang tidak diinginkan.

6. Kaus Kaki yang Tidak Cocok Dengan Setelan Jas
Ketika anda memakai setelan jas untuk kesempatan formal dan profesional, cocokan warna kaus kaki anda dengan celana anda, bukan dengan sepatu. Jika anda memakai setelan berwarna biru dongker dan sepatu hitam, gunakan kaus kaki berwarna biru dongker. Jika anda memakai setelan berwarna cerah, pastikan kaus kaki anda berwarna lebih gelap dari setelannya tapi lebih muda daripada sepatu.

7. Warna Ikat Pinggang yang Salah
Untuk kesempatan formal, pastikan ikat pinggang anda warnanya cocok dengan sepatu anda. Jika sepatu anda berwarna cerah, pastikan ikat pinggang anda juga berwarna cerah. Jika anda memakai sepatu kasual atau sneakers, pastikan anda memakai ikat ikat pinggang kasual juga.

8. Panjang Dasi yang Tidak Sesuai
Ujung dasi seorang pria panjangnya harus tepat di bagian kepala ikat pinggang anda. Panjang sebuah dasi tidak boleh terlalu panjang, tidak boleh terlalu pendek. Kesalahan panjang pendek dasi dapat membuat anda terlihat tidak kompeten.

9. Mengancingkan Seluruh Kancing
Jika jaket atau jas anda memiliki dua kancing, kancingkan hanya kancing yang teratas. Jika memiliki tiga kancing, anda dapat mengancingkan hanya yang di atas saja, di tengah saja, atau keduanya, kancing atas dan tengah. Kuncinya adalah selalu biarkan kancing paling bawah. Selain tradisi ini sudah berlangsung lama, hal ini juga dapat membuat anda terlihat pintar.

10. Memakai Kaus Kaki Dengan Sandal
Sandal dan kaus kaki bukanlah pasangan yang cocok. Tinggalkanlah. Kecuali anda ingin terlihat seperti orang sakit.

11. Pakaian yang Ada Gambar Kartunnya
Siapa yang tidak menyukai karakter Disney? Jika anda bekerja di Disney menggunakan pakaian bergambar kartun tentu tidak mengapa. Tapi jika anda menggunakan dasi atau kaos yang bergambar kartun Disney tanpa ada alasan tertentu, bersiaplah untuk dianggap tidak pernah lepas dari dunia fantasi.

12. Kaus Kaki Resmi yang Kurang Panjang
Ketika memakai setelan, pastikan kaus kaki anda menutupi kaki hingga betis dan tidak berubah. Ketika anda menyilangkan kaki, pastikan tidak ada bagian kaki yang terlihat. Bukankah rasanya sedikit geli ketika melihat kaki pria yang berbulu sedikit mengintip dari balik kaus kaki? Hal ini tentu beda halnya jika anda sedang berpakaian kasual. Anda dapat memakai kaus kaki pendek anda atau bahkan tanpa kaus kaki sekalian. Kesimpulannya, tertutuplah ketika formal, dan terbukalah ketika kasual.

13. Memakai Warna yang Salah
Mencocokan warna kulit kita dengan warna pakaian adalah hal yang wajib jika ingin terlihat stylish. Jika anda memiliki warna kulit gelap, anda dapat memakai pakaian dengan warna gelap atau cerah yang cocok dengan kekuatan warna kulit anda. Jika kulit anda cerah, pakailah pakaian yang muda seperti warna pastel.

14. Pakaian yang Tidak Rapi
Jika tidak ingin dianggap orang anda tidur memakai pakaian formal, maka hindarkan kerutan di pakaian anda. Gantunglah selalu pakaian anda. Jika anda ingin menggunakan pakaian yang sama di hari selanjutnya, jangan biarkan pakaian itu tergeletak di lantai tapi gantunglah.

15. Dasi Kasual yang Salah
Jika anda ingin memakai dasi pada saat santai anda, pilihlah dasi yang kecil. Anda akan terlihat fashionable dengan dasi ini. Sementara itu, dasi yang lebih lebar hanya cocok untuk kesempatan formal.

16. Memakai Banyak Warna
Batas warna pada pakaian anda adalah tiga warna. Jika anda bingung, gunakanlah roda warna yang bisa anda lihat secara online. Warna yang berlawanan pada roda warna disebut warna complementary. Sedangkan tiga warna yang berdekatan disebut warna analogous. Warna complementary digunakan ketika anda ingin menggunakan baju dua warna. Untuk baju tiga warna, pastikan warna tersebut analogous.

17. Memakai Tas Punggung Ketika Memakai Jas
Tas punggung memang lebih nyaman digunakan daripada harus menenteng tas kerja. Tapi jika anda ingin penampilan yang terlihat profesional, tinggalkanlah tas punggung dan beralihlah ke tas kerja.

18. Kebanyakan Cologne
Jika teman anda dapat mencium wangi cologne anda hanya ketika dia ada dekat dengan anda, bagus. Karena dia tidak akan tersiksa ketika lama-lama berada di dekat anda. Beda halnya jika wangi cologne anda tercium hingga sebrang ruangan anda, bisa-bisa berada di dekat anda dia hilang kesadaran alias pingsan. Semprot atau gunakan cologne anda hanya di leher dan pergelangan tangan anda.

19. Terlalu Banyak Perhiasan
Pakailah tidak lebih dari tiga jenis perhiasan termasuk jam tangan atau anda akan dinilai tukang jualan. Kecuali jika anda adalah bintang penyanyi rok yang memang harus memakai banyak perhiasan.

Itulah daftar 19 kesalahan fashion yang sering dilakukan oleh pria. Bagaimana menurut anda sendiri?

Sumber: 4muda.com




Loading...
loading...
loading...