13 Tips Menyelamatkan Rumah Tangga Dari Kehancuran




Pernikahan merupakan awal dari kehidupan baru antara dua insan yang berbeda. Pernikahan merupakan proses yang mana dua kepribadian yang berbeda menjadi satu untuk hidup bersama dalam sebuah keluarga. Dalam perjalanan sebuah keluarga memang sering terjadi suatu permasalahan, namun jika diantara keduanya tidak bisa menyelesaikan akan sering terjadi pertengkaran, namun sebagai istri atau suami tentunya kita tidak mau jika keluarga kita hancur begitu saja hanya dengan suatu masalah.

Nah tips menyelamatkan rumah tangga dari kehancuran berikut mungkin bisa membantu keluarga yang kini berada di ambang kehancuran.

1. Jangan membandingkan. Ketika seorang pria atau wanita hidup dalam sebuah keluarga, tentunya anda tidak memiliki kebebasan yang sama seperti kehidupan sebelum anda menikah. Ada tanggung jawab baru yang harus anda pikul dalam keluarga anda. Sehingga jangan membandingkan antara yang satu dengan yang lain, anda memiliki tanggung jawab sendiri – sendiri.

2. Mulai penyegaran. Ketika anda mengambil tangan pasangan anda dan memasuki kehidupan pernikahan, masa lalu jangan anda bawa dalam kehidupan baru anda, awalilah kehidupan baru anda dari pernikanan anda sekarang.

3. Saling menghormati. Memang tidak diragukan lagi bahwa seks merupakan bagian dari pernikahan, namun hal tersebut harus dengan persetujuan diantara suami dan istri. Dengan menghormati perasaan satu sama lain dalam hal seks akan membantu keluarga anda tetap dalam kehidupan yang harmonis.

4. Saling percaya. Jangan biarkan anda memilki keraguan tentang pasangan anda. jika hal tersebut muncul dalam pikiran anda, maka yang akan ada di pikiran anda hanyalah kecurigaan saja. Dan hal ini sungguh tidak baik bagi anda berdua.

5. Melawan isu. Ketika anda memiliki masalah dengan pasangan anda, berdiskusilah untuk menyelesaikannya. Jangan pergi tidur dengan masalah yang belum diselesiakan. Anda harus melawan isu yang masuk dalam telinga dan mendiskusikan apa yang sebenarnya sedang terjadi dengan pasangan anda.

6. Katakan tidak untuk ego. Ego yang tinggi merupakan musuh yang paling membahayakan rumah tangga anda. ego bukan hanya membunuh cinta, namun menimbulkan kebencian diantara anda dengan pasangan.

7. Lebih memahami pasangan. Ketika keluarga anda dalam keadaan terpuruk, berilah waktu pada pasangan anda, pahami luar dan dalam dan salinglah berbagi masalah dan berikan solusi dalam suatu masalah dengan cara terbaik.

8. Mudah memaafkan. Jadilah seorang yang pemaaf. Bersalah memang hal yang manusiawi. Namun jangan biarkan masalah yang kecil menjadi besar. Maafkan kesalahan pasagan anda, jika ada masalah bicarakan dengan baik – baik.

9. Katakan apa yang anda rasakan. Jangan pernah memendam sesuatu, katakan apa yang terjadi sebenarnya pada pasangan anda, sebab merahasiakan sesuatu akan membuat masalah semakin terpuruk dan anda akan sulit menemukan solusinya.

10. Katakan tidak untuk pihak ketiga. Jangan sampai ada pihak ketiga yang mencampuri urusan rumah tangga anda. namun jika anda pastikan orang itu orang tua anda yang benar – benar bijak dalam memberikan solusi pada rumah tangga anda.

11. Lakukan aktivitas berdua. Jika renggangnya hubungan anda karena bosan dengan kehidupan anda sehari – hari, maka cobalah untuk meluangkan waktu berdua untuk rekreasi atau hal lainnya sehingga anda mendapatkan kedekatan kembali dengan pasangan anda.

12. Jangan ragu mengakui kesalahan dan minta maaf. Maaf merupakan kata yang menyejukkan hati. Apalagi jika anda yang melakukan kesalahan, terimalah dan akui kesalahan anda sehingga anda mendapatkan hati pasangan anda lagi.

13. Belajar dewasa. Kebanyakan pernikahan menjadi retak karena pertengkaran- pertengkaran kecil yang menjadi besar, hindari pertengkaran kecil yang tak seharusnya terjadi.

Sumber: hijapedia.com





Loading...